Do it yourself

DIY-Percantik Pouch Kamu Dengan Teknik Dip Dye

Irmah 2 3,432

Kamu pasti tau dong pouch itu apa? Yup, pouch merupakan sejenis kantong yang digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil. Biasanya para wanita suka banget nih bawa pouch kemana-mana biar bawaannya lebih ringkas. Bahan pouch bermacam-macam jenisnya tapi jenis pouch yang biasanya sering kamu lihat berbahan blacu. Pouch ini terlihat seperti anyaman putih, yang dibuat dari bahan katun yang belum selesai diolah dan belum diputihkan sehingga warnanya terlihat keruh. Udah kebayang belum guys kaya gimana pouch blacu, biar ga penasaran ane kasih liat nih penampakannya. 

 

Foto: ja.aliexpress.com

 

Nah udah tau kan skrg yang namanyanya pouch blacu. Biasanya pouch ini sering digunakan sebagai souvernir pernikahan atau acara lainnya. Kamu juga bisa nih bikin pouch lucu dengan teknik celup warna atau yang biasa disebut dengan teknik dip dye. Penasaran kaya gimana caranya, yuk langsung simak caranya di bawah ini.

 

 

Alat dan bahan yang digunakan:

 

 

- Pouch blacu polos

- Pewarna kain

- Lembaran transfer glitter gold (Iron-on gold glitter transfer sheets)

Gunting

- Setrika

 

Cara Membuat:

1. Bilas pouch terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya dengan mesin cuci, atau dengan merendamnya di wadah yang besar.

 

2. Untuk larutan pewarna, siapkan dua cangkir air hangat, satu sendok teh garam atau lebih dan tiga sendok makan pewarna kain. Kalo kamu ingin warnanya lebih pekat, bisa gunakan lebih banyak pewarna nya. Kamu bisa mengetes kepekatan warna dengan menggunakan sepotong kain bekas atau dengan tisu toilet.

 

3. Celupkan pouch ke dalam larutan pewarna dengan sangat cepat, hanya butuh satu detik kain akan menyerap warna. Perlahan angkat dan turunkan pouch ke dalam pewarna untuk mencapai efek gradien. Kemudian celupkan bagian bawah pouch dengan waktu yang lebih lama dibandingkan sebelumnya. Total waktu yang dibutuhkan untuk seluruh proses pencelupan sekitar 30-45 detik.

 

 

 

4. Setelah bagian bawah pouch sudah terlihat terwarnai segera bilas dengan air dingin untuk menghilangkan sisa pewarna.

 

 

 

5. Keringkan pouch yang sudah terwarnai. 

 

 

 

6. Gunting lembaran transfer glitter menjadi bentuk hati.

 

 

 

 

7. Letakkan hati di bagian tengah pouch kemudian letakkan kain atau sarung bantal di atasnya. Dengan pengaturan suhu tertinggi, tekan setrika dengan kuat selama kurang lebih 40 detik.

 

Taraaa! Pouch kamu jadi keliatan lebih kece kan! 

 

 

Sumber: www.ohsobeautifulpaper.com

 

Kamu juga bisa mewarnai baju putih polos kamu jadi lebih menarik,

baca disini ya "Cara Mewarnai Baju Dengan Teknik Dip Dye"

Author

Lv.7 Irmah  Bayi
17,057 (88.9%)

You have no registered signature.


Comments

rayaaa
merk pewarna yang bagus apa ya sist?
Irmah
Kalo yang aku tau merk luar namanya Rit ka

Rank di Do it yourself (49)
  • No Article.
  • April 2020
Category
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+