Ilmu Pengetahuan

Punya Kaktus di Rumah? Perhatikan Cara Merawatnya!

ririn10 0 3,066

Kalo sebelumnya saya udah posting cara membuat kaktus 3D dari kertas, kali ini saya mau share cara merawat kaktus, tapi bukan kaktus 3D ya..hehehhe, melainkan cara merawat tanaman kaktus sungguhan.

Meski perawatan kaktus cenderung mudah, tapi gimana cara ngerawatnya juga gak boleh disepelein. Karena kalo ga dirawat dengan benar, kaktus bisa jadi busuk dan mati. Buat kamu yang mau pelihara kaktus dirumah, tapi belum ada pengalaman, baiknya kamu baca dulu nih cara perawatan kaktus dibawah ini.

 

Foto : http://bibitbunga.com

 

  • Pertama, kita harus tahu seperti apa sifat kaktus. Kaktus menyukai sinar matahari begitulah dengan habitat aslinya di gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, karena daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air akan  cepat membusuk dan mati.
  • Ketika akan menanam kaktus, ada dua hal yang harus diperhatikan dengan baik; bibit dan cara menanam. Bibit kaktus dapat melalui biji atau dari anakan sendiri. Anda dapat menemukannya di toko tanaman hias. Sedangkan mengenai cara menanamnya, tanaman ini bisa ditanam ke dalam pot atau di tanah langsung.
  • Yang ketiga adalah tempat. Jika kita menaruhnya di dalam ruangan, dalam 3 hari sekali kaktus harus diangin-anginkan supaya tidak lembap dan tidak mati.
  • Yang keempat adalah pembutuhan sinar matahari pada kaktus. Jangan menaruhnya dan membiarkan ke sinar matahari langsung. Karena jika dibiarkan terlalu lama, ujung kaktus akan berubah warna karena terbakar.
  • Selanjutnya adalah wadah atau pot untuk kaktus. Wadah yang digunakan bisa yang besar ataupun kecil. Sesuaikan saja dengan ukuran kaktusnya.
  • Yang keenam adalah penyiraman. Menyiram kaktus tidak sama dengan tanaman biasa yang lain. Menyiramnya hanya disemprot saja dengan menggunakan botol spray khusus supaya kaktusnya tidak terlalu lembab. Lakukan penyiramannya pada pagi / sore hari.
  • Cara merawat kaktus yang paling baik adalah dengan memberinya pupuk secara rutin. Kaktus juga harus diberi pupuk agar tanamannya berkembang dengan baik seperti tanaman-tanaman yang lain. Namun, pupuknya tidak sama dengan tanaman biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (pupuk NPK) yang dapat anda dapatkan di toko tanaman hias. Pupuk ini diberikan ke media tanamnya.

 

 

Sumber : http://bibitbunga.com

Author

Lv.5 ririn10  Bayi
9,290 (76.3%)

You have no registered signature.


Comments

Number Classification Subject Author Date Views Like
29 Kafe Pssttt, Ini Lho 10 Makanan Sumber Nutrisi Rahasia Awet Muda amaa 08.02 1897 0
28 Science Timbul Jearawat? Coba Cek Penyebabnya berdasarkan Posisi! amaa 08.02 5816 0
27 Science Ternyata ini Manfaatnya kalo Minum Air Kelapa Rutin! inaaa 08.04 2412 0
26 Science Mau Bersihin Paru-paru dari Polusi Asap Rokok? Pake cara ini! nemo 08.07 2366 0
25 Kafe Suka Belanja Online?Biar Ga Ketipu Pahami Nih istilah-istilah ini! ririn10 08.14 2861 0
24 Science NGERI! 5 Kebiasaan ini Bisa Menimbulkan Batu Ginjal rayaaa 08.16 2216 0
23 Science 7 Tanaman Hias Unik ini bisa bikin Kamu Terpesona inaaa 08.18 4124 0
Reading Science Punya Kaktus di Rumah? Perhatikan Cara Merawatnya! ririn10 08.21 3067 0
21 Science Toilet Jongkok VS Toilet Duduk, Sehat Mana? ririn10 08.21 2610 0
20 Science Tips dan Trik Mengerjakan Soal Deret Angka ririn10 08.23 52345 0
19 Science Wah ini dia 6 Makanan Pencegah Keriput ririn10 08.23 2083 0
18 Sosial Mengenal Istilah-istilah dalam Mobilitas Penduduk inaaa 08.28 11031 0
17 Science Kulkas Bau? Coba Usir Pake Cara ini! inaaa 08.29 2290 0
16 Sosial Mengenal Lebih dekat MPR, DPR dan DPD ririn10 09.04 5213 0
15 Science Pengen Tambal Gigi? Kenali dulu macam-macam tambalan gigi! ririn10 09.12 13964 0
14 Science Hentikan Kebiasaan merokok dengan cara ini! rayaaa 09.12 2157 0
13 Science Wah ternyata Bagian Buah-buahan yang sering dibuang ini bergizi! ririn10 09.13 2720 0
12 Science Mengenal Buah Kiwi, Buah Padat Nutrisi yang Kaya Antioksidan inaaa 09.19 2065 0
11 Science Penting! Ini 7 tanda Haid yang Ga Normal ririn10 09.20 2364 0
10 Science Ternyata Daging Kambing Bukan Penyebab Darah Tinggi ririn10 09.27 2725 0
Rank di Umum (32)
  • No Article.
  • July 2020
Category
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+