Ilmu Pengetahuan

Mengenal Istilah-istilah dalam Mobilitas Penduduk

inaaa 0 7,062

Pernah denger Mobilitas Penduduk? jangan alergi dulu lho ya dengan istilah ini..Karena istilah-istilah dalam mobilitas penduduk ternyata juga penting buat kita tahu. Istilah-istilah ini mungkin cukup familiar di telinga kita dan tidak jarang diucapkan dalam berita, tapi artinya? mungkin ga semua orang tau. Nah makanya di postingan ini aku  mau share beberapa istilah yang merupakan bagian dalam mobilitas penduduk.

 


Apa itu mobilitas penduduk?

Perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain.


Sifat mobilitas penduduk?

Ada yang permanen (menetap) dan ada yang non permanen (sementara). Yang non permanen contohnya turisme baik nasional maupun internasional. Nah untuk yang permanen ternyata disebut migrasi.


Apa itu Migrasi?

Migrasi adalah Perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan melewati batas negara atau batas administrasi dengan tujuan untuk menetap. Migrasi ini dikelompokkan menjadi 2;

  • Migrasi internasional, yaitu perpindahan penduduk yang dilakukan antarnegara.
    Migrasi internasional dibedakan menjadi imigrasi dan emigrasi.
    • Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara (negara luar) ke dalam negeri. Contoh orang India masuk ke Indonesia. Imigrasi merujuk pada perpindahan untuk menetap permanen yang dilakukan oleh imigran, sedangkan turis dan pendatang untuk jangka waktu pendek tidak dianggap imigran. Meski begitu, migrasi pekerja musiman (umumnya untuk periode kurang dari satu tahun) sering dianggap sebagai bentuk imigrasi.
    • Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara (negara asal) menuju ke negara lain (negara luar). Contoh orang Indonesia pergi bekerja ke luar negeri, misalnya para Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia.

 

  • Migrasi nasional, yaitu proses perpindahan penduduk di dalam satu negara. Terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
    • Migrasi penduduk sementara atau migrasi sirkuler, terdiri dari: (a) penglaju, yaitu perpindahan penduduk dari tempat tinggal asal menuju ke tempat tujuan yang dilakukan setiap hari pulang pergi untuk melakukan suatu pekerjaan, (b) perpindahan penduduk musiman, maksudnya perpindahan yang dilakukan hanya bersifat sementara pada musim-musim tertentu.
    • Migrasi penduduk menetap yang meliputi transmigrasi dan urbanisasi.
      • Transmigrasi adalah  perpindahan penduduk dari pulau yang padat ke daerah atau  pulau yang masih jarang penduduknya. Contoh penduduk dari pulau Jawa pindah ke pulau Papua.
      • Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari kota kecil ke kota besar.

 

 

  • Remigrasi
    Remigrasi adalah perpindahan/pemulangan penduduk asing ke negara asalnya. Contoh TKI di Malaysia dipulangkan kembali ke Indonesia.

 

  • Sirkuler
    Sirkuler adalah gerak penduduk dari suatu wilayah menuju wilayah lain dengan tidak ada niatan menetap di daerah tujuan. Contoh di Indonesia (menurut batasan sensus penduduk) sirkuler dapat didefinisikan sebagai gerak penduduk yang melintasi batas provinsi menuju ke provinsi lain dalam jangka waktu 6 bulan.

 

Nah semoga bisa nambah pengetahuan kamu yaa

 

 

Sumber : http://www.e-jurnal.com, http://www.pendidikanku.org,

Author

Lv.5 inaaa  Bayi
8,219 (40.6%)

You have no registered signature.


Comments

Rank di Umum (32)
  • No Article.
  • October 2019
Category
Acara
  • No Article.
  • No Article.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+