Ilmu Pengetahuan

Tekanan darahmu Normal ga yah? Coba cek disini!

inaaa 4 3,856

Udah beberapa waktu ini saya cukup sering ngerasa pusing, bahkan pas baru bangun tidur, pala udah agak ga enak.  . Kebetulan kaka aku belum lama ini beli tensimeter digital. Jadi beberapa kali aku sering ngecek, dan ternyata setelah beberapa kali tensi, tekanan darah aku cukup rendah. Pantesan aja sering ngerasa pusing, ternyata mungkin ini penyebabnya.

Nah berawal dari siinilah aku jadi cukup peduli sama yang namanya tekanan darah. Mulai gimana cara ngebacanya, tau tekanan darah yang normal itu berapa, yang rendah itu berapa, yang tinggi itu berapa dan segudang pertanyaan lainnya.

Kebetulan banget lagi buka facebook nemu chart tekanan darah berdasarkan usia.. Tapi sayangnya sumbernya kurang jelas. Setelah aku googling, Alhamdulillah  nemu situs yang dikelola oleh seorang dokter yang menjelaskan tentang tekanan darah dan dari situlah aku juga jadi tau ternyata berapapun usia kita tetap aja yang kita gunain acuan tekanan darah normal pada dewasa (Jadi usia lanjutpun acuannya sama dengan yang usia 20-an, yang penting dewasa)

Pengen tau lebih lanjut tentang tekanan darah..baca yang dibawah ini yaa..

Agak panjang sih, tapi ini demi kesehatan kita juga loh

 

Tekanan darah dalam bentuk tabel

 

 

Masih bingung? ini penjelasannya..

Hasil pemeriksaan tekanan darah terdiri dari dua kelompok angka yang dipisahkan oleh garis miring (baca: per), 120/80 mmHg. Angka yang pertama kita sebut dengan angka atas (Tekanan darah sistol) dan angka setelahnya (setelah garis miring) kita sebut dengan angka bawah (Tekanan darah diastol) kemudian ditutup dengan satuan mmHg (milimeter air raksa).
 

Tekanan darah sistol

Ketika jantung berdetak, ada fase ketika jantung memompa atau berkontraksi (seperti balon menyempit) untuk mendorong darah melalui arteri ke seluruh tubuh. Gaya ini menimbulkan tekanan pada arteri. Tekanan inilah yang tercatat tekanan darah sistolik.

Pada orang dewasa, tekanan darah sistolik normal adalah sama dengan atau lebih rendah dari 120 mmHg. Ketika tekanan darah sistolik 120-139 mmHg itu artinya tekanan darah normal yang lebih tinggi dari nilai ideal (prehipertensi), kalau nilainya 140 atau diatasnya maka sudah masuk darah tinggi (hipertensi).

 

Tekanan darah diastol

Tekanan darah diastolik menunjukkan tekanan pada arteri saat jantung beristirahat di antara kontraksi. Tekanan darah diastolik normal adalah sama dengan atau lebih rendah dari 80 mmHg. Tekanan darah diastolik antara 80 dan 89 adalah normal tetapi lebih tinggi dari ideal. Sedangkan tekanan darah diastolik yang nilainya 90 atau lebih maka dianggap hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

Semoga cukup bisa dimengerti ya men temen..

 

Terus gimana ya biar tekanan darah normal terus???

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin,

  • Jika saat ini tekanan darah kamu normal (kurang dari 120/80 mmHg), maka lakukan pemeriksaan lagi setidaknya sekali setiap lima tahun.

tapi yang harus kamu ingat, saat usia bertambah tekanan darah cenderung meningkat maka bisa lebih sering sesuai anjuran dokter.

  • Jika tekanan darah di atas normal sistolik antara 120 dan 139 atau tekanan darah diastolik antara 80 dan 89 mmHg, maka periksalah ulang setidaknya setahun sekali, atau lebih sering sesuai anjuran dokter.
  • Jika tekanan darah tinggi 140/90 mmHg atau lebih tinggi, maka konsultasilah dengan dokter karena biasanya dianjurkan minum obat darah tinggi.

 

 

dan biar tekanan darah kamu kamu normal, jangan lupa biasakan buat hidup sehat dengan cara :

Olahraga 

Olah raga akan membuat pembuluh darah lebih elastis dan memperkuat otot jantung, mengurangi stres, dan membantu menurunkan berat badan.

 

Jaga Berat Badan Ideal.

Berat badan berlebih merupakan risiko darah tinggi, jadi kalau ingin tekanan darah normal terus maka jagalah berat bedan tetap ideal.

 

Makan sehat.

Studi klinis menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, biji-bijian, unggas, ikan, dan kacang-kacangan dan menghindari lemak, daging merah, makanan asin dan gula berlebih dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

 

Hindari rokok dan Alkohol.

Ini adalah dua kebiasaan buruk yang dapat menganggu tekanan darah normal. Alkohol meningkatkan tekanan darah, Nikotin dalam asap rokok menyebabkan pembuluh darah mengerut dan meningkatkan tekanan darah.

 


Sumber : http://mediskus.com/penyakit/tabel-tekanan-darah-normal-dan-tidak-normal

Author

Lv.5 inaaa  Bayi
8,219 (40.6%)

You have no registered signature.


Comments

ade12
kalo ga punya tensi meter bisa cek dimana ya sis? soalnya aku kadang suka ngerasa pusing

Congratulation! You win the 62 Lucky Point!

inaaa
bisa langsung ke dokter sist, atau bisa juga di kimia farma..
ade12
oke sis makasih infonya
inaaa
sama2 sistaah

Rank di Umum (32)
  • No Article.
  • June 2019
Category
Acara
  • No Article.
  • No Article.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+