Ilmu Pengetahuan

10 Manfaat Silica Gel yang Perlu Kamu Ketahui!

Irmah 4 1,904

Halo guys

 

Kalian pasti sering menemukan gel yang dibungkus dalam kertas dengan bentuk segiempat berwarna putih. Silica gel merupakan butiran seperti kaca yang bentuknya sangat berpori dan dibuat secara sintesis dari natrium silikat. Walaupun bentuknya padat, silica gel disebut sebagai gel karena termasuk mineral alami yang diproses menjadi bentuk butiran. Umumnya silica gel terdapat dalam produk non makanan seperti tas, sepatu, atau pakaian. Nah, sering kali kita meremehkan benda yang satu ini bahkan membuangnya. Padahal ada banyak loh manfaat silica gel selain sebagai pengawet produk yang kita beli. Apa saja manfaatnya  Berikut ulasannya

 

 

1. Menghilangkan Bau

Buat kamu yang suka olahraga, silica gel dapat menghilangkan bau pada sepatu olahraga. Caranya masukkan beberapa bungkus silica gel di sepatu kamu maka keringat yang menempel pada sepatu akan hilang. Ngga hanya buat sepatu, silica gel ini juga dapat menghilangkan bau pada kaos kaki, pakaian dan handuk. 

 

2. Mengawetkan Foto

Mau foto lama kamu tetap awet? Caranya gampang, selipin aja silica gel di foto album kamu. Dijamin foto kamu bebas dari uap air dan jamur dan tetap awet untuk dikenang sepanjang masa 

 

3. Mengeringkan Handphone

Jangan panik kalo handphone kamu terkena air. Gunakan silica gel untuk membantu menyerap air dan kelembaban dari dalam handphone. Silica gel dipercaya 10x lebih efektif menyerap air dibandingkan beras. Cara nya mudah, masukkan silica gel ke dalam plastik yang berisi handphone basah. 

 

4. Menjaga Kilau Perhiasan

Untuk menjaga perhiasan kamu terhindar dari kelembaban, masukkan silica gel ke dalam kantong perhiasan yang kamu punya. Perhiasan kamu akan tetap bersinar dan terawat.

 

5. Melindungi Kosmetik

Kosmetik kamu cepat menggumpal? Itu tanda nya kamu perlu selipkan beberapa bungkus silica gel di dalam tas kosmetik kamu. Silica gel dapat melindungi kosmetik dari jamur dan bau yang tak sedap.

 

6. Menjauhkan Karat

Perkakas rumah tangga yang terbuat dari logam rentan karatan. Pastikan masukkan beberapa bungkus silica gel ke dalam kotak perkakas kamu. Silica gel akan mengurangi kelembaban dan meyerap air sehingga perkakas kamu akan terhindar dari proses oksidasi penyebab karatan.

 

7. Menjaga Bunga Tidak Cepat Layu

Dapet bunga dari orang terdekat pasti seneng banget yah. Nah biar bunga kamu ngga cepet layu, pake silica gel untuk melindunginya. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, cara pertama yaitu dengan menyelipkan silica gel ke dalam vas bunga. Cara kedua dengan menempatkan bunga di timbunan silica gel. Bunga ditimbun silica gel berukuran halus secara merata dan perlahan agar silica gel bisa masuk ke sela-sela permukaan bunga. Kemudian tutup rata dan simpan di tempat yang sejuk selama 3-5 hari. 

 

8. Merawat Buku 

Para pecinta buku pasti ngga rela kalo buku yang disimpan rapi dihinggapi jamur. Kamu ga perlu risau lagi, cukup tempatkan beberapa bungkus silica gel di rak buku kamu. Cara ini ampuh banget menjauhkan jamur dari buku kesayanganmu.

 

9.  Melindungi Lensa Kamera

Silica gel yang mampu menyerap air bermanfaat juga untuk melindungi lensa kamera kamu lho. Masukan silica gel di tas kamera kamu agar kamera tetap dalam keadaan kering.

 

10. Mengawetkan Bibit Tanaman

Manfaat lain dari silica gel yang kamu perlu kamu ketahui yaitu dapat mengawetkan bibit tanaman agar tidak mudah berkecambah. 

 

Wah banyak juga ya manfaat dari silica gel. Nah mulai sekarang simpan baik-baik silica gel yang ada di rumah yah 

 

Sumber : www.cnnindonesia.com

               www.vemale.com

Author

Lv.7 Irmah  Bayi
17,057 (88.9%)

You have no registered signature.


Comments

inaaa
ka aku pernahliat di produk makanan ada sillica gelnya, itu bahaya ga ka?
Irmah
Ngga berbahaya ko ka, silica gel sengaja dimasukkan ke situ untuk mengawetkan makanannya
rayaaa
Ohh bisa buat foto juga ya kaka..baru tau..heheheh
Irmah
iyaah ka banyak fungsinya

Rank di Umum (32)
  • No Article.
  • September 2019
Category
Acara
  • No Article.
  • No Article.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+