Ilmu Pengetahuan

Jangan Jorok! Perhatikan Sikat Gigimu dan Cara merawatnya.

inaaa 2 2,728

Kadangkala kita kurang bijak dalam menjaga kesehatan diri kita sendiri. Hiks..dasar manusia yah..

Padahal dari sini lah biasanya datang penyakit-penyakit yang nantinya menghampiri tubuh kita.

Termasuk yang jarang kita perhatikan adalah kebersihan sikat gigi kita. Keliatannya si emang sepele, tapi kalo udah sakit gigi, baru deh bisa bilang ternyata ga sesepele itu.

 

 

Mulai dari saat memilih sikat gigi dan perawatannya harus bener-bener kita perhatiin. Oke kita bahas dari mulai gimana memilih sikat gigi yang baik ya..
 

Cara memilihi Sikat gigi yang baik


Ukuran. Pilih kepala sikat dengan ujung mengecil yang memudahkan pergerakan bulu sikat untuk menjangkau seluruh permukaan gigi hingga ke bagian terujung. Pastikan pegangannya cukup panjang sehingga memudahkan kita untuk menggerakkannya. Segera ganti jika kepala sikat terasa tidak nyaman atau terlalu besar di dalam mulut .  Bila terlalu besar, akan sulit untuk bermanuver menjangkau area-area yang penuh dengan sisa makanan seperti bagian samping atau bagian dalam mulut dan terutama pada bagian belakang dari gigi geraham. Untuk anak-anak, pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia dan ukuran mulutnya.

Jenis bulu sikat. Pada label sikat gigi, sering tertulis pilihan soft, medium, atau hard.   Ahli gigi menganjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang soft- medium. Tapi ini kembali lagi ke cara kita  menyikat gigi. Sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut disarankan supaya tidak melukai gusi dan  merusak email gigi.

Nyaman digenggam.  Pilih sikat gigi yang memiliki gagang sikat yang nyaman digenggam dan memudahkan untuk menyikat gigi. Sebaiknya jangan tergesa-gesa saat menyikat gigi, pastikan seluruh permukaan gigi tersikat dan ini biasanya memakan waktu 2 – 3 menit. Gagang sikat yang nyaman akan membantu kita merasa nyaman juga saat menyikat gigi.

Sikat gigi elektrik? Sikat gigi elektrik dapat menjadi solusi untuk orang tertentu seperti pengidap artritis atau keterbatasan/kekakuan pada tangan, lengan, atau pundaknya.

 

Setelah kita menemukan sikat gigi yang baik, jangan lupa buat dirawat ya.  karena sikat gigi pun dapat menjadi agen penyebaran kuman & bakteri bila tidak dijaga dengan benar.

 

 

Cara merawat sikat gigi

 

  1. Cuci sikat gigi di bawah air kran untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Sikat juga dapat direndam di dalam cairan pencuci mulut antibakteri.
  2. Ganti sikat gigi minimal setiap 3 bulan atau saat bulu sikat sudah mengembang, pastikan sikat gigi tetap dapat berfungsi dengan baik dan dapat menyikat gigi dengan bersih
  3. Setelah digunakan, sebaiknya jangan tempatkan sikat gigi yang masih basah di dalam penutupnya (jika ada), di dalam lemari, atau laci di kamar mandi. Tempatkan pada rak atau di dalam cangkir terbuka sehingga bulu sikatnya dapat mengering. Setelah itu masukkan ke tempat tertutup yang masih terdapat celah udara. Tidak adanya sirkulasi udara justru dapat menumbuhkan bakteri.
  4. Kamar mandi dan toilet adalah tempat yang sebenarnya paling banyak menyimpan kuman dan bakteri. Wastafel di luar kamar mandi bisa menjadi tempat yang cocok untuk meletakkan sikat gigi. Selain itu, hindarkan persentuhan antarsikat gigi saat disimpan.
  5. Sebaiknya ganti sikat gigi tiap kali kamu atau anggota keluarga lain pulih dari sakit yang cukup parah. Saat sakit, sikat gigi bisa terkontaminasi mikroba dari mulut. Virus dan bakteri dari mulut yang terinfeksi bahkan dapat tinggal pada sikat gigi hingga berminggu-minggu dan berpotensi menyebabkan penyakit. Bahkan mikroorganisme baik pada sikat gigi juga dapat mendatangkan infeksi, terutama jika gusi penggunanya sedang mengalami luka.
  6. Jangan berbagi sikat gigi dengan orang lain. Kuman dan bakteri dapat cepat menyebar dengan cara ini.

 

 

 

Sumber: http://www.alodokter.com, http://www.klikdokter.com

Author

Lv.5 inaaa  Bayi
8,219 (40.6%)

You have no registered signature.


Comments

Zaee
Nice info ka
inaaa
Makasih ka

Rank di Umum (32)
  • No Article.
  • October 2019
Category
Acara
  • No Article.
  • No Article.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+