Ilmu Pengetahuan

Macam-macam Kode Error di Browser Internet dan Artinya

ynt001 0 35

Kalo agan sering berselancar di dumay a.k dunia maya, tentunya udah ga heran dong sama kode-kode error di internet. Contohnya kaya Error 404 (ini biasanya yang paling sering ditemuin).  Tapi yang jadi masalah, kode error itu ga sedikit melainkan banyak dan beda-beda juga artinya. Biar agan ga bingung kalo nemu kode error di internet, silahkan baca penjelasannya dibawah ini ya..

 

1. Error 400 (Bad Request)
Kode kesalahan 400 (Error Bad Request) sering ditemukan ketika kita salah mengetikkan alamat sebuah situs, coba periksa kembali pada adrress bar browser untuk mengecek benar atau salah alamat situs tersbut. Atau kemungkinan lain server situs sedang mengalami gangguan, sehingga tidak dapat mengenali permintaan komputer kita.

2. Error 401 (Server Nauthorized)
Pesan kesalahan tersebut artinya user tidak memiliki otoritas atau izin untuk mengakses halaman web tersebut. Biasanya situs diberi pengaman username dan password, sehingga kita harus mengerti username dan password situs tersebut.

3. Error 402 (Payment Required Error)
Kode ini sebenarnya jarang terjadi, menunjukkan adanya kesalahan pada layanan pembayaran dari bagian beberapa bentuk digital cash atau skema micropayment.

4. Error 403 (Server Forbidden)
Kita tidak diberi akses untuk melihat file (data dilindungi) pada laman situs, baik karena data disembunyikan atau dilindungi dengan kode pemrograman tertentu. Sehingga server akan menolak permintaan kita.

5. Error 404 (Server Not Found)
Ada beberapa hal yang menyebabkan tampilnya pesan kesalahan di atas :
* Data di database sebelumnya sudah ada, namun sudah dihapus atau dihilangkan dari database server.
* Terjadi gangguan akses Internet atau down
* Jika akses Internet tetap gagal, maka kemungkinan halaman tersebut memang tidak ada
* Terjadi kesalahan penulisan alamat URL


6. Error 405 (Methode Not Allowed)
Kode ini akan tampil jika request yang kita minta menggunakan metode yang tidak diizinkan oleh komputer server.

7. Error 406 (Not Acceptable)

Kemunculan kode ini memberikan informasi kalau server tidak memberikan izin atau tidak dapat memenuhi perintah dari browser untuk membuka situs yang kita minta.
 

8. Error 407 (Proxy Authentication Required)

klien harus mengotentikasi dirinya pada proxy server agar server dapat mengenali perintah dan menjalankan perintah yang diminta klien.

 

9. Error 408 (Requst Timeout)

Pesan error seperti ini biasa terjadi ketika koneksi jaringan internet kita lambat, sehingga komputer server memutus request karena terlalu lama. Untuk mengatasinya, refresh browser . Jika masih sama, maka reset modem dan koneksikan ulang.

 

10. Error 409 (Conflict)

Pesan error ini muncul ketika kita sedang mengakses sebuah situs, namun pada saat yang bersamaan pemilik situs sedang mengedit halaman sehingga terjadi konflik, dan tidak dapat diproses oleh komputer server. Kita harus menunggu si Admin untuk menyelesaikan pengeditannya, dan setelah itu akan kembali normal lagi.

 

11. Error 410 (Gone)

Pesan kesalahan ini berarti halaman yang diminta sudah dihapus secara permanen, atau domain website tersebut sudah expired.

 

12. Error 411 (Length Required)

Permintaan tidak sesuai dengan panjang isi yang diperlukan oleh sumber daya yang diminta.

 

13. Error 412 (Precondition Failed)

Persyaratan gagal. Server yang dituju tidak memenuhi persyaratan atas permintaan klien. Dengan terpaksa, laman situs tak dapat ditampilkan.

 

14. Error 413 (Request Entity Too Large)

Jika Kita  menemukan kode kesalahan seperti ini artinya, data yang diminta terlalu besar dan komputer server tidak bisa menampung besarnya data yang Kita  minta.

 

15. Error 414 (Reques URL Too Long)

Pesan error seperti ini sudah jarang dijumpai karena URL sudah dibuat sedemikian rupa lebih singkat. Kode error ini berarti URL yang ingin dituju terlalu panjang dan server tak mampu memprosesnya.

 

16. Error 415 (Unsupported Media Type)

Error ini akan muncul jika kita menggunakan jenis media yang tidak didukung atau tidak diizinkan oleh server. Misalnya kita mengunggah file gambar dengan format .PNG, namun server hanya mengizinkan format .JPG atau .GIF. Umumnya server tidak akan menampilkan status ini pada browser kita saat kondisi tersebut terjadi, melainkan hanya menampilkan pemberitahuan bahwa file gambar yang kita unggah tersebut tidak sesuai.

 

17. Error 416 (Requested Range Not Satisfiable)

Klien telah meminta untuk sebagian dari file, tetapi server tidak dapat menyediakan bagian itu. Sebagai contoh, jika klien meminta bagian dari file yang terletak di luar akhir file.

 

18. Error 417 (Expectation Failed)

Server tidak dapat memenuhi persyaratan bidang "Expect request-header".

 

19. Error 418 (I'm a Teapot RFC 2324)

Kode ini didefinisikan pada tahun 1998 sebagai salah satu "IETF April Fools Jokes", dalam "RFC 2324", "Hyper Text Coffee Pot Control Protocol", dan tidak untuk dilaksanakan oleh server HTTP yang sebenarnya. Namun, implementasi yang diketahui memang ada.

 

20. Error 419 (Unused)

Status error ini adalah sebagai kode yang sudah tidak terpakai lagi.

 

21. Error 420 (Enhance Your Calm)

Status error ini digunakan kembali oleh Twitter, tepatnya pada Twitter Search and Trends API, untuk memberitahukan bahwa akses kita terbatas atau dibatasi. Umumnya layanan lain akan menampilkan status "429 Too Many Request".

 

22. Error 422 (Unprocessable Entity WebDAV RFC 4918)

Permintaan tersebut adalah "well-formed" tetapi tidak dapat diikuti karena kesalahan semantik.

 

23. Error 423 (Locked WebDAV RFC 4918)

Kode error ini adalah sumber daya yang sedang diakses terkunci.

 

24. Error 424 (Failed Dependency WebDAV RFC 4918)

Kode error ini menandakan bahwa permintaan gagal karena kegagalan permintaan sebelumnya.

 

25. Error 425 (Unordered Collection RFC 3648)

Didefinisikan dalam draft "WebDAV Advanced Collections Protocol", tetapi tidak hadir dalam "Web Distributed Authoring and Versioning (WebDAV) Ordered Collections Protocol".

 

26. Error 426 (Upgrade Required RFC 2817)

Klien diminta untuk menggunakan protocol yang lebih baru.

 

27. Error 428 Precondition Required

Server asal memerlukan permintaan untuk menjadi bersyarat. Dimaksudkan untuk mencegah hilang update yang masalah, di mana klien "GETs" pada sumber daya itu, telah dimodifikasi, dan menempatkan kembali ke server, ketika sementara pihak ketiga telah dimodifikasi di server, yang mengarah ke konflik. Ditentukan dalam Draft internet yang disetujui untuk dipublikasikan sebagai RFC.

 

28. Error 429 (Too Many Requests RFC 6585)

Menandakan bahwa user telah mengirimkan terlalu banyak request dalam jangka waktu tertentu. Umumnya server akan memblokir IP yang mengirimkan terlalu banyak request pada waktu tertentu.

 

29. Error 431 (Request Header Fields Too Large)

Server tidak bersedia untuk memproses permintaan tersebut karena baik sebagai kolom header individu, atau semua bidang header kolektif, terlalu besar. Ditentukan dalam Draft internet yang disetujui untuk dipublikasikan sebagai RFC.

 

30. Error 444 (No Response Nginx)

Sebuah ekstensi pada Nginx HTTP server. Server mengembalikan tidak ada informasi kepada klien dan menutup koneksi (berguna sebagai pencegah malware).

 

31. Error 449 (Retry With Microsoft)

Sebuah ekstensi pada Microsoft. Permintaan harus dicoba setelah melakukan tindakan yang sesuai.

 

32. Error 450 (Blocked by Windows Parental Controls Microsoft)

Artinya akses kepada website tersebut telah diblokir oleh sistem keamanan yang ada pada Windows Parental Control Windows, parental Control berguna untuk memblokir situs-situs yang berbau pornografi.

 

33. Error 451 (Unavailable For Legal Reasons Internet Draft)

Status ini memberitahukan bahwa akses ditolak karena alasan resmi atau legal. Umumnya jika suatu akses pada sebuah situs website atau pada blog telah diblok oleh pihak sensor atau pemerintah, yang memiliki wewenang untuk melakukan hal tersebut. Contohnya adalah pada situs Megaupload yang telah ditutup oleh FBI karena mengandung konten yang ilegal.

 

34. Error 499 (Client Closed Request Nginx)

Sebuah ekstensi pada Nginx HTTP server. Kode ini diperkenalkan untuk login kasus ketika koneksi ditutup oleh klien sementara HTTP server memproses permintaan tersebut, membuat server tidak dapat mengirim header HTTP kembali.

 

35. Error 500 (Internal Server Error)

Kode error ini dapat diartikan sebagai adanya masalah atau kesalahan dalam server internal situs sehingga the kita tidak bisa mengakses situs yang bersangkutan, selama administrator situs belum memperbaiki pesan kesalaahan tersebut.

 

36. Error 501 (Not Implemented)

Server tidak mengenali metode permintaan, atau tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi permintaan tersebut.

 

37. Error 502 (Bad Gateway)

Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan menerima respon tidak valid dari server hulu.

 

38. Error 503 (Service Unavailable)

Server saat ini tidak tersedia karena kelebihan beban atau sedang maintenance. Umumnya, ini adalah keadaan sementara.

 

39. Error 504 (Gateway Timeout)

Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan tidak menerima respon yang tepat waktu dari server hulu.

 

40. Error 505 (HTTP Version Not Supported)

Server tidak mendukung versi protokol HTTP digunakan dalam permintaan.

 

41. Error 506 (Variant Also Negotiates RFC 2295)

Isi dari "content negotiation" yang merupakan hasil permintaan dari "a circular reference".

 

42. Error 507 (Insufficient Storage WebDAV RFC 4918)

Server tidak dapat menyimpan representasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permintaan tersebut.

 

43. Error 508 (Loop Detected WebDAV  RFC 5842)

Server terdeteksi pengulangan secara terus menerus saat memproses permintaan (dikirim sebagai pengganti 208).

 

44. Error 509 (Bandwidth Limited Axceeded)

Kode error ini menandakan bahwa penggunaan bandwidth pada akun hosting sobat sudah melebihi batas maksimal atau dengan kata lainover quota.

 

45. Error 510 (Not Extended RFC 2774)

Ekstensi permintaan lebih lanjut yang diperlukan server untuk memenuhinya.

 

46. Error 511 (Network Authentication Required Approved Internet-Draft)

Klien perlu mengotentikasi untuk mendapatkan akses jaringan. Dimaksudkan untuk digunakan untuk mencegat proxy yang digunakan untuk mengontrol akses ke jaringan (misalnya "captive portal" yang digunakan untuk meminta perjanjian untuk Persyaratan Layanan sebelum memberikan akses internet secara penuh melalui hotspot Wi-Fi). Ditentukan dalam Draft internet yang disetujui untuk dipublikasikan sebagai RFC.

 

47. Error 598 (Network Read Timeout Error)

Ini kode status tidak ditentukan dalam RFC, tapi digunakan oleh beberapa proxy HTTP untuk sinyal jaringan membaca batas waktu di belakang proxy ke client di depan proxy.

 

48. Error 599 (Network Connect Timeout Error)

Ini adalah kode status yang tidak ditentukan dalam RFC, tapi digunakan oleh beberapa proxy HTTP untuk sinyal jaringan menghubungkan batas waktu di belakang proxy ke client di depan proxy.

 

 

Sumur (1) (2) (3)

Author

Lv.3 ynt001  Bayi
3,581 (54.1%)

Dinosaurus dataaangg..wakawkawk


Comments

Nomor Klasifikasi Subjek Penulis Tanggal Dilihat Suka
Pemberitahuan Tutorial Memasukkan Emoticon ke dalam Comment/Post Komentar4Post Admin 09.23 839 0
Pemberitahuan Tutorial Memasukkan Link dalam postingan Komentar8Post momod_club 11.16 1292 0
Pemberitahuan Tutorial Membuat postingan Komentar5Post momod_club 10.26 1466 0
25 Science Dari Luar Angkasa, Inilah Penampakan Indonesia di Malam Hari tri77 14 jam yang lalu 91 0
24 Science Cek Kesehatanmu Hanya 1 Menit Dengan Metode Ini Komentar1Post ade12 1 hari yang lalu 42 0
bacaan IT Macam-macam Kode Error di Browser Internet dan Artinya ynt001 6 hari yang lalu 36 0
22 Kafe Batas kadaluarsa Benda Ini Wajib Kamu Ketahui Irmah 10 hari yang lalu 410 0
21 IT Cara Mudah Menyimpan Video dari Youtube, Instagram dan Faceb… Komentar2Post ricarici 04.17 82 0
20 IT Fungsi Tombol Keyboard F1 sampai F12 yang perlu kamu tahu ricarici 04.10 83 0
19 Kafe Manfaat Baking Soda Yang Wajib Kamu Ketahui Irmah 04.10 106 0
18 Science Penting! Tentang Gula rn 04.06 90 0
17 Kafe Open House Program Pascasarjana UI ynt001 04.05 77 0
16 Science Jangan Jorok! Perhatikan Sikat Gigimu dan Cara merawatnya. Komentar2Post inaaa 03.24 143 0
15 Kafe Tips memasang Plaster yang benar di Jari Tangan yummie 03.20 115 0
14 Science Penting! Arti Tanda Lingkaran Pada Kemasan Obat rn 03.17 276 0
13 Science Tak kenal maka tak sayang, kenalan yok sama Bangun Ruang a_3 03.16 241 0
12 Kafe Tips Belajar Menjahit dengan Mesin Jahit Butterfly Portable Komentar1Post mnurdin95 03.14 157 1
11 Kafe 10 Manfaat Silica Gel yang Perlu Kamu Ketahui! Komentar4Post Irmah 03.14 137 0
10 IT Trik Membuat Simbol dengan Tombol Alt pada keyboard ricarici 03.10 172 0
9 Science Tekanan darahmu Normal ga yah? Coba cek disini! Komentar4Post inaaa 03.09 163 0
8 IT 17 Keyboard Shortcuts di Ms.Word yang perlu kamu tahu Komentar1Post tri77 03.03 132 0
7 IT Cara Melacak Foto di Google dengan Gambar dari Smartphone ricarici 02.28 276 0
6 IT 20 Shortcut Keyboard di Youtube yang ga banyak orang tahu Komentar2Post ricarici 10.04 576 0
Rank di Umum (25)
Kategori
Acara
Previous Next
Statistik saat ini
Share ke Facebook Share ke Twitter Share ke Google+