Ilmu Pengetahuan

Benarkah Sinar Matahari Pagi Bermanfaat? Kepoin disini!

amaa 2 3,789

Siapa nih yang sering kena sinar matahari pagi? kalo aku mah sering banget, hampir di setiap hari kerja aku kena sinar mentari pagi. Tapi ga perlu khawatir, karena sinar matahari pagi itu bagus buat kulit kita. Malah kita dianjurkan buat berjemur selama 15 menit di pagi hari sebelum pukul 10.00 pagi dan se-engaknya dua hingga tiga kali seminggu.

 

 

Jadi, Sinar matahari pagi itu menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.

Jadi nih tubuh manusia itu gak bisa memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Apalagi kandungan vitamin D ternyata cukup terbatas dan cuma dari jenis-jenis makanan tertentu aja. Solusi  yang paling mudah untuk mencukupi asupan vitamin D ya dengan manfaatin sinar matahari di pagi hari.

 


Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari penyakit rheumatoid arthritis, tuberkulosis, multiple sclerosis, diabetes tipe 1 dan osteomalacia. Bahkan Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat mengakibatkan penyakit rakitis.

 

Nah udah tau kan manfaatnya berjemur di pagi hari. Eits tapi inget ya, jangan berjemur pada kisaran jam 10.00-16.00 karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit.

Jika di jam-jam itu harus terjemur sinar matahari, jangan lupa buat perlindungan dengan menggunakan topi, pakaian lengan panjang, celana panjang dan kacamata anti UV yang meminimalkan terpaparnya kulit terhadap sinar matahari. Disarankan juga untuk menggunakan payung atau berlindung di bawah atap ketika matahari sedang terik-teriknya.

 

 

Sumbernya : http://www.alodokter.com

Author

Lv.5 amaa  Bayi
9,251 (75%)

You have no registered signature.


Comments

Irmah
kalo body lotion itu sebenernya perlu ngga sih?
amaa
Setau saya perlu sist, tapi lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung seengaknya SPF 24 atau di atasnya.

Rank di Umum (32)
  • No Article.
  • July 2020
Category
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+