Animal

Mengenal Wels Cattfish, Lele Super Besar yang Agresif

ade12 0 5,668

Ada yang suka makan pecel lele? Kuliner yang satu ini bisa kamu jumpai di berbagai tempat, mulai dari pinggir jalan sampe di pusat perbelanjaan. Rasanya yang gurih ditambah dengan cocolan sambal serta lalapan membuat kuliner yang satu ini jadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Yaa walopun ga semua orang suka sih menikmati pecel lele. Tapi gimana ya rasanya kalo kamu makan pecel lele dengan panjang lebih dari 4 meter. Mungkin kamu bakalan ngeri dan ga berselera banget makan pecel lele ini. Tapi emang ada lele dengan ukuran raksasa kaya gitu? Ada guys, namanya Wels Catfish atau lele wels. Lele wels (Silurus glanis) merupakan jenis lele besar yang dapat hidup baik di air tawar maupun air payau. Lele ini mampu bertahan hidup hingga 30 tahun.

 

 

 

Karakteristik

Lele wels memiliki bentuk kepala datar yang lebar dan mulut dengan ukuran besar dengan banyak gigi di dalamnya. Terdapat 2 sungut di rahang bagian atas dan 4 sungut yang lebih pendek di rahang bagian bawah. Sungut ini berfungsi untuk mendeteksi posisi dan lingkungan agar lele bisa bergerak di area yang gelap. Hewan ini juga memiliki sirip anal yang panjang, menyusuri bagian bawah tubuh dan mendekati sirip ekornya. Sirip dorsal berada jauh di depan bagian tubuhnya sedangkan sirip pectoral untuk menangkap mangsa. Mangsa akan tertarik masuk ke mulut lele karena ada arus yang dihasilkan oleh sirip pectoral. 

 

Permukaan kulit lele licin dan berlendir dan bagian perutnya berwarna kuning pucat atau putih. Warna tubuh lele tergantung pada lingkungan tempat tinggalnya. Lele akan cenderung berwarna gelap atau hitam jika hidup di air tawar yang jernih dan akan berwarna kecoklatan di air yang agak keruh dan berlumpur. Lele betina dapat menghasilkan telur hingga sebanyak 30.000 telur per kilogram berat badan. Diperlukan waktu sampai 10 hari sampai telur-telur ini menetas. Hewan ini rata-rata memiliki panjang 1,3-1,6 meter tapi bila kondisi perairan bagus bisa mencapai lebih dari 2 meter atau lebih. Dengan panjang 1,5 meter lele wels bisa memiliki berat sekitar 15-20 kg. 

 

 

 

 

Habitat

Sungai Ebro di Spanyol dikenal sebagai habitat terbaik lele wels. Di sungai ini kamu bisa menemukan lele wels dengan berat lebih dari 91 kg. Awalnya pada pertengahan tahun 1970-an seorang ahli biologi Jerman, Roland Lorkowski mendatangkan 32 ekor lele wels remaja ke sungai ini. Lele wels dapat tumbuh dengan baik karena banyaknya ikan kerapu di sungai ini yang merupakan makanan kesukaan lele wels. Kamu juga bisa menjumpai lele wels didaerah Eropa Timur, Selatan dan Tengah. Habitat mereka tepatnya berada di cekungan lautan Baltik, Kaspia dan Laut Hitam. Selain ikan kerapu, lele wels termasuk ikan yang agresif dan bahkan bisa memangsa kodok dan burung air. 

 

 

 

Ekologi

Lele wels raksasa dapat menyebabkan rusaknya ekosistem suatu lingkungan. Spesies asing yang dibawa ke suatu ekosistem dapat menghilangkan spesies endemik yang ada di dalamnya karena adanya aksi kompetisi dan predator. Contohnya yang terjadi di Waduk Mequinenza, jumlah lele wels melimpah hingga ke luar sungai Ebro.

 

Sumber: www.zanck.blogdetik.com, www.brilio.net

Author

Lv.8 ade12  Bayi
21,540 (89.8%)

You have no registered signature.


Comments

Rank di Animal (27)
  • No Article.
  • August 2020
Category
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+