Animal

Arti dari Gerakan - gerakan tubuh kucing yang perlu kamu tahu!

usagi 2 1,162

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat saya suka, apalagi kalo kucingnya masih kecil. Gemes - gemes gimana gitu. Hahaha.

Apa sih yang bikin gemes? tentu aja tingkah manis dan lucunya. Tapi ga setiap waktu juga sih kucing itu manis, adakalanya kucing menjadi sangat galak dan suka nyakar.

Bagi kamu pecinta kucing, yang suka banget meluk dan main sama hewan yang imut ini, coba deh kenali gerakan-gerakan tubuhnya atau bahasa tubuhnya. Karena ternyata gerakan-gerakan tubuhnya atau bahasa tubuhnya ini bisa menyampaikan suasana hati si kucing.

 

Ekor

Kalo kamu lagi main sama kucing, jangan lupa perhatikan ekornya. Melalui ekor, kucing menyatakan ‘ketenangan’, rasa nyaman dan kegelisahan, juga level temperamen

 



Ekor tegak lurus ke atas – biasanya berarti bahwa kucing kita sedang santai dan bergembira.

Ekor tegak lurus ke atas dengan ujung melenting – perilaku ini berarti bahwa kucing masih dalam keadaan senang namun berwaspada dengan situasi. Barangkali saat itu baru saja ada orang lain atau hewan yang datang dan menarik perhatiannya.

Ekor masuk di antara kaki dan bulunya mengembang – kondisi ini mengindikasikan ketakutan. Kucing kita akan melakukan hal ini jika ia merasa ketakutan terhadap sesuatu atau terkejut.

Ujung ekor bergerak-gerak lambat – perilaku ini merupakan tanda bahwa kucing tengah berkonsentrasi penuh. Kucing kita mungkin sedang memperhatikan objek yang jauh dan berusaha mengetahui apa objek itu.

Ujung ekor bergerak lebih cepat – ini bisa jadi pertanda ia merasa terganggu dengan objek yang sedang dia perhatikan tadi. Misalnya, objek tersebut ternyata kucing lain yang baru datang.

Ekor tiba-tiba tegak lurus dan bulu mengembang – berarti kucing yang diperhatikan atau objek tersebut lebih besar dari yang kucing kita perkirakan. Sikap ekor seperti ini digunakan sebagai peringatan bagi objek itu dan menyuruh mereka mundur.

Ekor berayun dari satu sisi ke sisi lain tak beraturan – merupakan tanda bahwa kucing tengah bersiap mengambil tindakan, entah tindakan marah atau merasa takjub dengan objek itu. Kucing-kucing agresif biasanya sering melakukan ini.

Ekor berayun ke kanan atau ke kiri objek – hal ini berarti kucing merasa nyaman dengan objek itu, bisa jadi manusia atau kucing lain.

 

Telinga

Selain untuk mendengar, kucing juga menggunakan telinganya untuk menyampaikan informasi tentang dirinya. Contohnya nih kalo telinga kucing mengarah ke depan dengan sedikit menyamping artinya kucing sedang merasa santai.

Saat kucing bersemangat, telinganya menyorong ke depan. Jika tampak berkedut, kucing sedang menunjukkan kegelisahan dan ketidakpastian. Seekor kucing yang takut atau gelisah bisa menggerakkan telinga ke bawah (ke arah leher) menyerupai sayap pesawat

Jika Telinga kucing melipat kesamping hal ini bisa berarti bahwa mereka siap untuk melindungi diri dari serangan dan juga berarti tanda bahwa ia tunduk dan akan patuh pada lawannya.
Sedangkan jika Telinga bergerak ke belakang ini cenderung bisa pertanda bahwa kucing marah dan siap menyerang.

 

Mata

Mata membantu kucing menceritakan perasaannya.

Ketika pupil mata berukuran normal - kucing menyatakan dirinya sedang dalam mood baik dan merasakan nyaman. Mungkin ia juga akan melakukan kontak mata atau menatap pemiliknya untuk sementara waktu sebelum berpaling secara acuh tak acuh atau berkedip pelan.

Mata mengedip lambat dan pupil mengecil – biasanya ini mengartikan bahwa mereka sedang merasa senang atau sedang menikmati kondisi santai. Namun jika pupil mata kucing mengecil hal ini bisa diindikasikan mereka sedang stres.

Kucing menatap tanpa berkedip – biasanya hal ini dilakukan ketika mereka sedang berusaha mengintimidasi lawan. Kucing yang memiliki rasa percaya diri tinggi sering melakukan hal ini. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya kita tidak berusaha mendekati atau menyentuhnya.

Pupil membesar  – bisa berarti bahwa kucing sedang ketakutan, ingin tahu, marah atau hanya karena keadaan ruangan yang gelap dan sedikit masuk cahaya.

 

Gerakan keseluruhan

 

 

Berbaring dengan posisi melingkar, biasanya ini menunjukkan kondisi pasif. Artinya objek lain–entah hewan atau manusia–tidak menarik perhatiannya.

Gerak-gerik tubuh waspada –  Kucing akan berbaring sambil menatap wajah si penyerang ini digunakan untuk bertahan dari serangan. Mereka juga biasanya menggunakan satu kakinya untuk mengusir objek.

Ekor kucing menempeli kaki kita atau kucing lain – ini pertanda bahwa dia menginginkan perhatian, tanda ini merupakan tanda yang bersahabat dan kucing kita siap bermain.

 

 

Source : http://www.petnyaku.com/, http://readyforpets.com/cat-tail-language/, http://okdogi.com,

Author

Lv.4 usagi  Bayi
6,193 (67.7%)

Anda belum memasukkan tandatangan


Comments

Irmah
ooh gitu toh, kalo ekornya pendek gitu brati ga bisa dibedain yah?
usagi
masih bisa si ka kayanya..hehehe
kan bisa liat dari gestur, mata, sama telingany juga

Nomor Klasifikasi Subjek Penulis Tanggal Dilihat Suka
Pemberitahuan Tutorial Membuat postingan Komentar5Post momod_club 10.26 2218 0
Pemberitahuan Sekilas tentang Animal momod_club 10.11 654 0
120 Hewan Darat Lalat Tsetse, Si Penyebar Penyakit yang Menidurkan Selamanya nemo 08.07 91 0
119 Hewan Laut Mengenal Wels Cattfish, Lele Super Besar yang Agresif ade12 08.01 56 0
118 Hewan Darat Makanan kaleng vs homemade, kira-kira mana yang dipilih kucing? rayaaa 07.28 69 0
117 Hewan Darat Cacing Berkepala Martil yang jadi Viral Komentar1Post yan 07.28 122 0
116 Hewan Darat Aksi Heroik Seekor Anjing Menyelamatkan Rusa Kecil ade12 07.27 83 0
115 Acara Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2017 ade12 07.25 237 0
114 Hewan Darat Kocak! Kucing VS Ekor ini bikin Ketawa Geli Komentar1Post rayaaa 07.25 93 0
113 Hewan Darat Mengenal 7 Jenis Kelinci Peliharaan yang Menggemaskan ade12 07.21 115 0
112 Hewan Darat Kocak! Kucing ini Lapar atau Doyan? rayaaa 07.17 115 0
111 Hewan Laut Immortal Jellyfish, si Ubur-ubur yang Dapat Hidup Abadi ade12 07.14 89 0
110 Hewan Darat Gemes! 10 Potret Kebersamaan Induk Kucing dan Anaknya Zaee 07.13 101 0
109 Acara Ngaku Pet Lover? Mesti Dateng Ke Indonesia International Pet Expo 2017 Irmah 07.07 129 0
108 Hewan Darat Kucing Kamu Suka Banget Dielus? Ini Alasannya! mieta 07.06 108 0
107 Hewan Darat Reaksi Kucing Saat Kenalan Sama Robot Kucing Ini Bikin Senyum Sendiri ade12 07.05 97 0
106 Hewan Laut Mengenal Blue Dragon, Hewan langka pemangsa Ubur-ubur Ganas Komentar4Post ricarici 07.03 162 0
105 Hewan Darat Kucing yang Suka Ngaca Ini Bikin Gemes! ade12 06.30 109 0
104 Hewan Darat PINTER! Kucing ini naik ke ranjang kecil lalu tidur dengan wajah imut Komentar2Post Anggrek 06.29 151 0
103 Hewan Darat Mengenal Semut Red Velvet, Si Beludru Merah berjulukan Cow Killer ricarici 06.28 237 0
102 Hewan Darat 12 Tanda yang Menunjukkan Kucing kamu Menyayangimu Komentar2Post Anggrek 06.22 170 0
101 Hewan Darat Kocak! Kegemukan, Kucing Ini Gagal Meloncat mieta 06.22 156 0