Anime

[AFA Review] Saint Seiya: Soul of Gold

robotking 1 8,140

© Masami Kurumada, Saint Seiya soul of gold production commitee.


 

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan nostalgia sebagai "kenangan manis pada masa yg telah lama silam". Dan bernostalgia sebagai "mengingat peristiwa-peristiwa manis yg pernah dialami pada masa lalu".

 

Selain itu ada lagi sih kata nostalgila, yang artinya nostalgia yang gilaaaaaaa banget. (Mungkin. Di KBBI gak ada definisinya.)

 

Saint Seiya: Soul of Gold adalah animasi terbaru dalam serial Saint Seiya yang sangat populer dan sempat tayang di stasiun TV di Indonesia. Dengan cerita baru yang mengambil waktu setelah Saint Seiya: Hades Chapter, Soul of Gold kembali menceritakan perjuangan para Saint, prajurit dewi Athena untuk melindungi perdamaian dunia. Namun, berbeda dengan serial sebelumnya yang memiliki karakter utama Pegasus Seiya dkk., Soul of Gold berfokus kepada cerita para karakter favorit fans, yakni para Gold Saint, terutama Leo Aiolia.

 

Setelah mengorbankan diri mereka untuk membantu Seiya mencapai Hades, kedua belas Gold Saint tiba-tiba mendapati diri mereka bangkit kembali di Asgard. Kini, Aiolia, Mu, Shaka, dan para Gold Saint lainnya perlu mencari tahu jawaban kenapa, mengapa, dan siapa yang telah membangkitkan mereka kembali, untuk menghadapi kekuatan jahat yang mengancam tanah Asgard, dengan kekuatan God Cloth mereka yang baru.

 

© Masami Kurumada, Saint Seiya soul of gold production commitee.

 

Hanya ada satu kata yang dapat mendeskripsikan Saint Seiya: Soul of Gold, dan kata tersebut adalah... betul, nostalgia. Dan gila bro, nostalgianya gila. Banget. 

 

Jika kamu pernah tumbuh dan mengalami masa anak-anak pada tahun 90'an atau akhir 80'an, tentunya kamu pernah nonton, atau paling tidak tahu tentang Saint Seiya. Dan kalau kamu seperti saya, yang tergila-gila pada Saint Seiya pada masa itu, maka Saint Seiya: Soul of Gold adalah anime yang tepat untuk kamu. Sangat jelas bahwa anime ini ditujukan untuk para fans Saint Seiya, dan anime ini memang sangat memanjakan para fans. Banyak sekali elemen nostalgia yang menonjol dari anime ini, mulai dari para Gold Saint, karakter fan-favorite yang kini mendapat kesempatan untuk tampil sebagai karakter utama, serta setting Asgard, yang merupakan setting cerita Asgard Arc pada serial anime aslinya. Asgard Arc sendiri adalah cerita khusus yang hanya terdapat pada serial animasi Saint Seiya dan tidak terdapat pada manganya, sehingga pastinya berkesan kuat bagi mereka yang menonton animenya. Terdapat banyak referensi pada Asgard Arc baik melalui karakter-karakter Asgard yang muncul kembali, maupun karakter-karakter baru yang memiliki kaitan dengan para karakter God Warrior yang muncul di Asgard Arc. Tak hanya itu, Soul of Gold juga kembali menampilkan lagu Soldier Dream (aslinya dibawakan oleh Hironobu Kageyama) sebagai lagu pembuka, dibawakan ulang oleh Root 5. Para fans di Jepang juga dimanjakan dengan kembalinya para pengisi suara asli para karakter yang muncul kembali.

 

Soul of Gold membawa Saint Seiya kembali ke akarnya, dan apa yang membuat Soul of Gold seru untuk ditonton adalah rumus sama yang membuat anime Saint Seiya yang pertama seru untuk ditonton: pertarungan keren antar karakter-karakter keren yang menggunakan zirah yang keren, dengan jurus-jurus yang tidak kalah keren juga. Melihat kembali karakter seperti Leo Aiolia dan Sagitarrius Aiolos di layar kaca dan meneriakkan jurus-jurus yang sudah tidak asing dalam animasi baru, adalah hal yang sangat memuaskan untuk fans seperti saya. Maka, tidak salah kalau nostalgia pada Soul of Gold dapat disebut sebagai bentuk nostalgia yang terbaik. Soul of Gold tidak hanya membuat saya mengingat kembali masa-masa dimana saya menonton serial Saint Seiya yang pertama, tetapi membuat saya ingat kembali kenapa saya menyukai Saint Seiya, dan membuat saya menginginkan lebih banyak tontonan Saint Seiya yang baru.

 

Jika kamu menonton Soul of Gold di Daisuki.net, di setiap episode terdapat iklan untuk keluaran mainan Saint Seiya terbaru dari seri Saint Cloth Myth EX, yang menampilkan para karakter Gold Saint dengan Cloth terbaru mereka. (Iklan tersebut juga menampilkan aktor Shigeki Hosokawa, yang mungkin kamu kenal sebagai pemeran Kamen Rider Hibiki.)

 

Iklan tersebut mengatakan kepada para penonton, "Kembalilah ke masa saat kamu tergila-gila pada Saint Seiya!". Dan benar, ketika saya menonton Soul of Gold, rasanya saya kembali menjadi anak SD yang duduk siap di depan TV pada hari minggu, siap untuk ikut meneriakkan "Tinju Meteor Pegasus!" bersama Seiya dan kawan-kawan. 

 

Oleh Caesar E.S. (https://www.facebook.com/ces069)


  • Saint Seiya: Soul of Gold dapat di-streaming secara legal dan gratis di situs Daisuki.net serta melalui aplikasi mobile Daisuki.
  • Saint Seiya: Soul of Gold © Masami Kurumada, Saint Seiya soul of gold production commitee.

Author

Lv.2 robotking  Bayi
2,150 (76.7%)

You have no registered signature.


Comments

kirie
saint seiya yang ini keren banget gam, worthed banget buat ditonton

Number Classification Subject Author Date Views Like
20 Review Parodi OP Anime Danshi Koukousei no Nichijou dino 08.26 2311 0
19 Review Anime Misteri Terbaik, Hyouka - Slice of life school detective usagi 08.09 4483 0
18 Review Review Tonari No Kaibutsu-kun (My little monster) usagi 08.04 3451 0
17 Review one piece episode 746 yuma 06.19 4145 1
16 Review ANIME WINTER 2016!! Comment1Post saff 01.11 4081 4
15 Review Yosuga no Sora ( ヨスガノソラ) Comment2Post umrgun 11.10 19450 4
14 Review [AFA Review] Rokka no Yuusha meggy 09.20 7210 1
13 Review [AFA REVIEW] Shimoneta: A Boring World Where the Concept of Dirty Jokes Doesn’t Exist Comment2Post piyo 09.20 7129 2
12 Review [AFA Review] Non Non Biyori Repeat 14insa 09.20 8739 1
11 Review Silver Spoon / Gin no Saji runi 09.19 6986 1
10 Review [AFA Review] Sword Art Online Comment2Post Stay 09.19 6312 2
9 Review [AFA Review] Plastic Memories Comment21Post sierrin 09.18 5785 23
8 Review [AFA Review] Shigatsu wa Kimi no Uso Comment2Post tony 09.18 6535 1
7 Review [AFA Review] SHOKUGEKI NO SOUMA Luthfi 09.18 6481 1
6 Review [AFA Review] SKET Dance Comment10Post Tocchi 09.17 7965 6
5 Review AFA REVIEW SLAMDUNK teddyws 09.17 6023 1
4 Review [AFA Review] Assasination Classroom Comment1Post Kyna 09.17 5336 4
3 Review [AFA Review] Sakurasou no Pet na Kanojoo Comment35Post Setiyawan 09.17 9526 34
Reading Review [AFA Review] Saint Seiya: Soul of Gold Comment1Post robotking 09.16 8141 8
1 Review [AFA Review] Date A Live Movie: Mayuri Judgement Comment10Post Gina 09.16 8875 11
Rank di Anime (133)
  • No Article.
  • December 2019
Category
Acara
  • No Article.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+