Books

[BOOK REVIEW] Elantris: The Curse of the Holy City

runi 3 3,904

 

Elantris adalah sebuah novel bergenre fantasi karangan Brandon Sanderson. Agak berbeda dengan novel fantasi lain yang dibuat lebih dari satu volume, novel Elantris hanya dibuat satu volume saja.


Bagi mereka penggemar novel fantasi tentunya mengerti biasanya kalau novel fantasi klasik memiliki dunia yang berbeda dengan dunia kita. Dunia yang diciptakan memiliki bangsa-bangsa yang ajaib, sistem pemerintahan di setiap negara yang berbeda-beda, sistem masyarakat dengan kasta-kastanya yang unik, dan di setiap negara juga memiliki agama dan kepercayaan yang berbeda.


Ribet? Bener ribet banget, apalagi banyak istilah-istilah ajaib yang belum pernah didengar. Tahu novel (atau minimal filmnya) Lord of the Ring kan? Sebuah dunia fantasi yang berbeda, memiliki negara dan bangsa yang berbeda, bahkan JRR Tolkien bikin sistem bahasa khusus untuk bangsa elf yang bisa kalian lihat juga di filmnya.


Untungnya, Elantris enggak seribet LOTR-nya JRR Tolkien. Buat mereka yang enggak terbiasa membaca novel genre fantasi-klasik mungkin tetep ribet ya. Apalagi novel yang diterbitkan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Mizan Fantasy ini dicetak dengan font yang agak kecil dan margin halaman yang dempet. Gambar? Gak ada yang namanya gambar di novel zaman sekarang.


Elantris tadinya adalah sebuah kota yang para penghuninya dianggap sebagai dewa. Para warga kota Elantris memiliki kekuatan bernama shaod yang membuat mereka menjadi manusia ajaib. Suatu ketika kekuatan shaod berbalik membuat para penduduk Elantris menjadi mayat yang hidup, jiwa mereka rusak karena mereka selalu merasa lapar. Elantris pun ditutup dan para penduduk dengan jiwa-jiwa yang rusak harus tetap hidup seperti zombi.


Elantris berada di kerajaan Aleron, suatu ketika Pangeran Raoden terkena shaod yang membuatnya menjadi manusia yang terkutuk dan wajahnya menjadi buruk rupa. Hal ini disembunyikan dari penduduk Aleron dan Pangeran Raoden resmi dinyatakan meninggal. padahal Pangeran Raoden harus mendekam di kota Elantris bersama para penduduk Elantris dan warga Aleron yang terkena shaod.



Putri Sarene dari Teod yang telah menikah dengan Pangeran Raoden terkejut saat dirinya tiba di Aleron mendapati suaminya telah dimakamkan. Mereka memang menikah dengan tujuan politik. Komunikasi mereka pun hanya dilakukan melalui Seon miliki mereka dan belum pernah bertemu sama sekali. Meskipun demikian, Putri Sarene adalah negarawan sejati, dia paham dirinya sudah menjadi milik Arelon sehingga dia pun turun tangan membantu para negarawan yang tidak suka dengan kebijakan Raja Arelon yang semena-mena.


Bagaimana dengan Pangeran Raoden? Pangeran Raoden tidak berusaha untuk keluar dari kota Elantris. Pangeran Raoden dengan kekuatan dan pengetahuan yang dimilikinya justru ingin Elantris kembali hidup bersama dengan kutukan yang menimpa mereka. Pangeran Raoden pun setiap malam belajar dari berbagai jenis buku untuk menghapus kutukan tersebut sambil membuat para penduduk yang terkena shaod memiliki harapan untuk meneruskan hidup.


Putri Sarene dan Pangeran Raoden adalah dua orang negarawan sejati. Mereka pintar di bidang politik, bisa memahami karakter orang lain, membaca situasi, bahkan kalau perlu mereka bisa berkorban demi rakyat mereka. 


Sebut saja saat Putri Sarene bersedia menikah dengan Lord Roial yang sudah tua agar Lord Roial bisa diangkat menjadi Raja Aleron. Pangeran Raoden pun hanya diam saja saat sahabat-sahabatnya datang ke Elantris untuk memberikan sumbangan makanan. Saat itu, Pangeran Raoden bisa saja meminta bantuan mereka agar bisa keluar dari Elantris, tapi Raoden tak melakukannya karena ia tahu itu hanya akan menimbulkan kekacauan yang lebih luas.


Tidak ada cerita romantis? Ada kok. Putri Sarene dijebak meminum suatu ramuan sehingga tubuhnya seakan seperti terkena shaod. Putri Sarene pun harus dijebloskan ke dalam Elantris dan bertemu dengan Roh yang jati dirinya adalah Pangeran Raoden. Meski singkat, Putri Sarene sangat kagum dengan Roh yang berhasil membuat sebagian besar penghuni Elantris kembali bersemangat hidup dengan bekerja. Sekali lagi, Putri Sarene pun harus berpisah dari Roh tanpa tahu Roh adalah Pangeran Raoden, suaminya sendiri.


Ending novel ini bagaimana? Tentu saja happy ending. Ya boleh dibilang unsur fantasi di novel ini sekitar 35%, politik 60%, dan romantisnya cuma 15%. Jujur aja, novel ini enggak cocok buat kamu yang suka novel dengan alur yang ringan. Bacanya malah bikin kamu tambah pusing. Lebih direkomendasikan untuk kamu yang sudah terbiasa dengan bacaan-bacaan novel fantasi untuk rating young-adult.

Author

Lv.9 runi  Bayi
26,382 (87.6%)

You have no registered signature.


Comments

Anne
aaaa kayaknya seru banget. sayang kalo settingan udah se'ribet' itu tp novel lepas ya mba, harusnya bisa diserialkan
runi
kayaknya niat awal si penulis bakal bikin novel ini jadi serial,
tapi mungkin karena novel ini dianggap kurang komersial jadinya gak ada kelanjutnnya deh
Sedih sih gak bisa liat lanjutan kehidupan Sarene dan Raoden
Menurut aku dunia yang diciptakan udah oke, dari negara-negara yang diperlihatkan, kepercayaan dan agamanya,
istilah-istilah sihirnya. Sayang banget latar dunia yang di novel ini gak dikembangin lagi di serial berikutnya
Ekaw
jadi cuma 1 buku aja?

Number Classification Subject Author Date Views Like
65 Review [RECOMMEND]_Dirty Little Secret by aliaZalea_PLM Comment5Post Lils 09.24 3401 13
64 Review [RECOMMEND]_Extremely Loud & Incredibly Close by Jonathan Safran Foer_PLM Comment6Post Fafa 09.30 2968 11
63 Review [RECOMMEND]_7 Keajaiban rezeki by Ippho right sentosa_PLM Comment4Post heny 10.16 2871 10
62 Review [RECOMMEND]_The First Phone Call from Heaven by Mitch Albom_PLM Comment6Post Naomi 10.20 2617 8
61 Kafe Win 200K Gift Card at Your Favorite Bookstore Comment27Post Anne 09.21 5632 7
60 Review [RECOMMEND]_Perahu Kertas by Dee Lestari_PLM Comment10Post rinsodeterjen 10.15 2736 6
59 Kafe Caranya Menerbitkan Naskah di Gramedia Pustaka Utama miko 11.02 3296 6
58 Kafe TM Book Stores Depok Comment4Post ricarici 11.25 4853 6
57 Kafe [EVENT]Book Discussion w/ Scott Merrillees: Jakarta Potraits of a Capital Comment2Post ModeratorBooks 10.19 2255 5
56 Kafe Pemenang Event Promote Your Favorite Book to Win 200K Gift Card Comment6Post ModeratorBooks 10.22 2462 5
55 Review The Tokyo Zodiac Murders scyth_lnx 09.18 3436 4
54 Review [BOOK REVIEW] The Death Cure by James Dashner Comment8Post Anne 09.18 3524 4
53 Review [BOOK REVIEW] Montase by Windry Ramadhina Comment6Post Lils 09.24 3089 4
52 Review [RECOMMEND]_Starters by Lissa Price_PLM Comment3Post stuponpon 10.15 2805 4
51 Review [RECOMMEND]_Onward by Howard Schultz_PLM Comment7Post boodhi 10.19 2719 4
50 Kafe [ASK] Novel Preston and Child Comment7Post umrgun 10.21 2287 3
49 Review [BOOK REVIEW] Rick Riordan - The Sword of Summer (Magnus Chase and The Gods of Asgard #1) Comment2Post Anne 12.04 4629 3
Reading Review [BOOK REVIEW] Elantris: The Curse of the Holy City Comment3Post runi 09.19 3905 2
47 News Gramedia Fair @CCM Comment1Post Anne 09.23 2529 2
46 News Seri Terbaru Rick Riordan : Magnus Chase and the Gods of Asgard Comment3Post Anne 11.17 4399 2
Rank di Books (41)
  • No Article.
  • November 2019
Category
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+