iKON

[ Me & My Idol -- Make Us Proud ]

Zara 23 5,177

 

2013.

"Tau survival show 'Who is Next' gak?"

Salah seorang sahabatku melontarkan pertanyaan di suatu siang yang terik. Aku memutar otak. Sepertinya pernah dengar nama itu.

"Tau. Kenapa?"

"Dukung Team A atau Team B? Aku Team A." Sahutnya.

Aku tak mengikuti barang se-episodepun survival show tersebut, namun lisanku refleks berkata,

"Team B."

"Suka siapa?"

Aku kembali memutar otak. Demi terlihat keren, aku menyebutkan satu nama yang dapat kuingat dari grup trainee tersebut.

"B.I."


2014, the beginning.

 

 

Suatu sore yang membosankan.

Aku menatap layar komputer dengan jari-jemari yang memandu kursor menekan satu-per-satu link video BIGBANG di Youtube. Aku telah menggemari mereka sejak tahun lalu, menjadi baby fangirl G-Dragon seorang.

Bosan menonton penampilan BIGBANG, aku melihat ke deretan recommended videos yang disarankan oleh Youtube.

[ENG] WIN: Team B 'Climax' Performance + Audience Reaction​.

Aku mengerutkan dahi saat melihat judul video tersebut. Namun karena tertarik, aku menekan link-nya.

Semua masih berjalan seperti biasa, hingga seorang lelaki dengan jas dan rambut merah mulai mengangkat mikrofonnya dan berjalan menyusuri panggung, mengucapkan kalimat-demi-kalimat rap bagiannya.

Tiba-tiba lelaki itu berhenti di tengah panggung. Musik turut berhenti.

Kemudian ia melanjutkan rap miliknya.

 

"God asked me 'wont you have regrets'?

I said, without hesitation 'why should I have regrets?'

What remains on this stage is success or failure

I've bet everything I've got, there's no next time

My determination is like no one else's."

 

Kemudian para penonton mulai berteriak histeris. Tak sedikit yang menangis. Beberapa lelaki yang sepertinya juga trainee seperti lelaki berambut merah tadi juga terisak. Air mata mereka mengalir deras.

Aku rasakan air mataku menggenang di pelupuk mata--berkaca-kaca. 

Kemudian lelaki berambut hitam mengeluarkan suara emasnya.

 

"Even if today is the last for me

I'll sing so I won't have regrets

I'll keep singing and singing

Yeah we flying, tonight."

 

Bulu kudukku meremang. Alunan nada yang dikeluarkan lelaki itu menancap hingga ke hatiku..

Namun otakku masih berputar-putar, mengingat lelaki berambut merah tadi.

"Siapa dia? Aku... menyukainya."


2015, the beginning.

 

 

Lelaki itu--lelaki berambut merah dengan jas dan mikrofon, sumber suara menggema di tengah ribuan orang, bernama Kim Hanbin. Kebanyakan orang mengenalnya dengan nama B.I. Nama yang asal kusebutkan ketika ditanya mengenai member favorit. Dan kemudian memang menjadi kenyataan.

Takdir, eh?

Karenanya, aku mulai melirik sedikit penampilannya, berbekal video-video Youtube.

B.I.

Leader grup yang disegani.

Rapper dengan segudang cita-cita.

Tak mudah putus asa.

Karismatik.

Ambisius.

Kim Hanbin.

Lucu.

Ceroboh.

Bodoh.

Penyayang.

Menggemaskan.

Tampan... terkadang.

 

Awalnya, aku hanya tertarik padanya. Namun setelah melihat video-video mereka di survival 'Mix&Match', penampilan Double B di video klip 'Born Hater', aku mulai mengenal satu per satu membernya.

'Yang bersuara berat, gigi kelinci dan bermata sipit bernama Bobby."

"Jinhwan... yang paling pendek dan memiliki tahi lalat di bawah mata."

"Bermulut pedas, tinggi, tampan, dan bersuara bagus itu Junhoe."

"Chanwoo... berpipi gembul, tinggi, dan paling sering dibenci oleh B-Golds (sebutan Team B stan), ya?"

Saat itu, aku masih susah membedakan mana Yunhyeong dan mana Donghyuk.

 

Aku bukan tipe fangirl yang suka menghabiskan berjam-jam menonton video di Youtube, namun demi mereka, aku menamatkan 'Mix&Match' dalam sehari. Dari situ, aku melihat bagaimana mereka jatuh-bangun memulai lagi semuanya dari awal--kedatangan Jinhyeong, Chanwoo, dan Hongseok, lalu ancaman perombakan team, dan hanya tiga member yang pasti selamat. Mereka biasa dijuluki 'Triple Kim'. Lalu bagaimana Hanbin membuat lagu, koreo, melatih, serta ikut Show Me The Money dalam waktu yang bersamaan hingga ia hampir stress dan pernah melarikan diri ke taman sendirian di malam hari. Mereka harus menampilkan lagu yang diaransemen ulang dan dance setiap bulan. Melihat Yunhyeong dan Jinhyeong yang terancam, lalu Jinhwan dan Junhoe menangis di tempat melihat rekan mereka, dan Yunhyeong yang akhirnya sesenggukan setelah penilaian berakhir membuat hatiku sakit. Namun aku merasa lebih mengenal mereka, dan... bangga.


2015, the middle.

 

 

Hanbin. Junhoe. Bobby. Jinhwan. Yunhyeong. Donghyuk. Chanwoo.

Mereka merubah kehidupanku.

Sembari menunggu mereka debut, aku menilik perjalanan mereka semasa Who is Next, bahkan sebelumnya. Hanbin dengan video freestyle rap miliknya sejak kecil, audisi Jinhwan dan Donghyuk, Junhoe yang jatuh bangun dengan kemampuan dance miliknya... 

Aku kira rasa sakit mereka akan selesai saat mereka dipastikan debut dalam naungan nama iKON--walau tak jelas kapan waktunya.

Namun ternyata tidak.

Hujatan kembali muncul ke permukaan. Dulu, ada kontroversi rap Bobby dengan salah satu member boyband hingga terjadi perang diss. Sekarang, Ayah Hanbin terjerat kasus penggelapan uang, dan netizen sibuk mencaci-maki lelaki dengan senyuman lebar itu di forum.

Kau tak pantas debut, dasar anak pencuri, lebih baik ia didepak saja dari iKON...

Sakit.

Perih.

Mendengar semua cacian itu.

Kau kira aku akan menyerah, berbalik badan dan meninggalkannya?

Tidak. Aku tetap berdiri di tempat yang sama, melindunginya, dan enam member lainnya.


2015, the middle and end.

 

 

Masih lekat dalam ingatanku, di pertengahan September.

Jam belum pas berdetak di angka 10 tepat, namun aku sudah sibuk me-refresh channel Youtube iKON. Tidak sabar menunggu sebuah penantian yang akhirnya sampai pada ujungnya. iKON akan debut beberapa menit lagi!

Kali ke-lima aku me-refresh channel Youtube iKON, video musik berjudul 'My Type' muncul di permukaan. Dengan segera aku menekan video tersebut dan menontonnya dengan penuh semangat.

Kau tahu apa rasanya?

Senang, bangga, terharu, lega.

Aku merasa seakan-akan akulah yang akhirnya debut hari itu, akulah yang jatuh bangunnya terbayarkan, akulah yang mengambil andil besar di hari itu. 

 

Mereka membuatku bangga, dan belum berhenti sampai di situ.

Nama fandom diumumkan. Aku tak lagi akan menyebut diriku sebagai 'iKON stan', namun dengan nama yang serupa tapi tak sama dengan mereka. i K O N I C .

Bulan Oktober, mereka merilis lagu Rhythm Ta, juga Airplane yang menjadi lagu favoritku hingga sekarang. Beberapa hari kemudian mereka menyelenggarakan konser debut yang menakjubkan dan penuh kejutan.

Selang sebulan kemudian, Apology dan Anthem muncul dipermukaan. Dilanjutkan dengan What's Wrong dan Dumb&Dumber.

Lagu-lagu mereka tak ada yang mengecewakan--sempurna. Dari track pertama--Dumb&Dumber, hingga Rhythm Ta (Rock Ver.). 

 

Walau mereka telah resmi debut, namun semuanya tak berjalan dengan lancar dan mulus.

Caci dan maki kembali mereka tuai, kontroversi marak di mana-mana.

"Rap dari idol rookie yang sombong!"

"Mereka memang tidak punya manner sejak awal!"

"YG terlalu menganak-emaskan iKON!"

"Dasar budak media play!"

"Tidak menghormati senior!"

"Tidak bisakah mereka mencari warna identitas lain?"

Hari demi hari ketika aku men-scroll timeline, yang muncul adalah artikel mengenai mereka yang dihiasi dengan hujatan dari para netters.

Rasa sakit dan perihnya masih sama, namun sudah terbiasa.

iKONIC ada untuk menjadi tameng, tahan banting akan semua cacian.

Because iKON is worth it, they're totally worth it.

 

Ketika bulan Desember datang, berturut-turut nominasi Best New Artist of The Year dan Best New Male Artist of The Year direbut oleh grup dengan empat huruf tersebut. Mereka seakan-akan menampar mulut kotor para netters yang menghujat mereka dengan segenggam prestasi.

Mereka sukses.

Sukses meraih impian mereka.

Sukses mengukir senyum di sudut bibirku.

Sukses membuat orang-orang yang mencintai mereka bangga.


i K O N.

 

 

Kim Hanbin. Ia merupakan salah satu alasan mengapa aku menyukai iKON, dan menyukainya di saat pertama bahkan tak beralasan. Penuh talenta. Pekerja keras.Ambisius. Ia karismatik dan bodoh dalam arti kata menggemaskan dalam satu waktu. Pemilik dua sisi kepribadian yang bertolak belakang ketika berada di atas panggung dan saat turun panggung. Senyum lebar dan tingkah anehnya adalah favoritku.

Song Yunhyeong. Awalnya keberadaannya kasat mata dalam pandanganku. Namun saat iKON debut, ia bersinar semakin terang. Lelaki dengan sincere smile yang indah, mata jernih, bibir sempurna, dan hati yang bening. Song Chef. Lipbalm adalah kekasihnya. Pemilik suara dan sikap gentle. Pembersih dengan manner nomor satu. Merebut perhatianku secara mendadak. My own definition of good boy, my secret sunshine.

Goo Junhoe. The Sassy Diva. Pemilik suara emas yang khas. Bermulut pedas. Paling sering dijadikan bahan olok-olokan oleh fans, yang merupakan cara spesial untuk mencintai seorang June. Bernyanyi di mana saja. Penggemar berat Michael Jackson. Tampan dan percaya diri. Selalu menyebut kata sexy di setiap interview. Ingin menikahi dirinya sendiri. Tidak bisa fanservice. Junhoe, lelaki yang selalu bersikap apa adanya.

Kim Jiwon. Rapper dengan bakat yang tak perlu diragukan lagi. Si gigi kelinci dengan eye smile yang menaklukkan hati setiap wanita. Pemilik suara berat. Sosok yang sangat menyayangi keluarga dan membernya. Selalu mengatakan dirinya jelek, padahal tidak sama sekali. Heboh. Berselera humor memprihatinkan. The happy virus.

Kim Jinhwan. Hyung dari semua member iKON. Peri 13cm. Lucu, imut, menggemaskan. Mempunyai suara merdu. Orang yang selalu ada untuk teman se-timnya. Sosok 'hyung' berhati lembut. 

Kim Donghyuk. Pemilik suara falsetto. Berhati hangat. Manis seperti gulali. Penyayang. Suaranya saat berbicara sangat menyihir. Caranya tertawa menggemaskan. 

Jung Chanwoo. Maknae. Pemlik mata besar dan pipi gembul yang menggemaskan. Walau yang paling muda, ia merupakan yang paling jangkung. Komik dan game adalah favoritnya. Tidak mudah putus asa. Giant maknae.


Well, menyukai iKON itu... seperti merasakan warna-warni pelangi.

 

 

Mereka membuatku bertemu banyak teman. Mulai dari fan-account dalam dan luar negeri, juga mengetahui masternim fansite yang menyediakan ribuan foto brilian.

Mereka menggali kreativitasku dalam bidang fanart dan fanfiction--dua hal yang tak bisa dipisahkan dari fangirl dan kehidupanku sendiri.

Mereka mengeratkan pertemananku dengan teman-teman di dunia nyata. Ya, aku menularkan cinta iKON kepada mereka.

Mereka membentuk seutas senyum di bibirku setelah melihat hal tentang mereka saat aku sedih.

Mereka mengajariku bahwa hasil tak pernah mengkhianati kerja keras.

Mereka membuatku tak takut untuk bermimpi.

Tidak akan ada penyesalan untuk melindungi dan menyukai mereka sejauh ini.

Tidak akan ada.


iKON... dan iKONICs.

 

 

iKON. Dulu mereka selalu berkata kepada iKONICs untuk selalu menunggu.

iKONICs. Walau mereka muak mendengar kata-kata itu, mereka tetap menunggu.

iKON. Mereka berjanji untuk membuat iKONICs bangga.

iKONICs. Mereka merasa bahwa iKON telah membuat mereka bangga, bahkan sejak awal.

 

"I promise you that one day
Girl I’m gon make you proud
I’m gon make you proud"

- M.U.P - iKON

 


 

 

I K O N,
You Make Us Proud.


https://www.facebook.com/nurulfathiahtaegangsterlovesoojongkilovekorea

Author

Lv.2 Zara  Bayi
1,961 (64.1%)

You have no registered signature.


Comments

Naqi
Nung, aku mendukung mu chingu. Hahahah. 화이팅! Aku bingung caranya merangkai kata-kata. Gak tau mau ikut atau gak
Zara
Naqi!!!! Ikut aja huhuhu kita mencari peruntungan ok. Hansang tq yha chingu xoxo
sindifdn
Hai aku udah like yaaa. Makasih udah like aku juga. Hihi kamu pasti udah lama ya, iya tapi udah sesuka itu walau telat-,- syg banget ya semoga aku bisa ketemu mereka. Kamu buat postnya bagus deh, rapih banget step by step per tahun. Semoga kita menang ya! Sukses
Zara
Hihihi makasih juga!
BTS ya? Never been too late to like them kok hehehe, aku bukan ARMY tapi lagunya my type banget banget /cih/
Makasih banyak yaa! Yups, good lucks for both of us xoxo 

Congratulation! You win the 56 Lucky Point!

ModeratorKorea
Annyeong kk Zara
Terima kasih ya sudah ikutan event ini. Wah, kk ini iKONIC banget ya, jadi fans iKON dari awal banget

Tulisan kk udah oke nih, tapi kalau mau diubah biar lebih oke lagi juga boleh, kami tunggu sampai akhir event ya (13 Maret). Kalau bisa link tulisan kk ini disebar di facebook ya agar para iKONIC lain juga bisa membaca tulisan kk ini. Ajak teman kk juga untuk gabung di Club IYAA dan minta mereka untuk memberika like tulisan kk ini. Semoga beruntung ya kk.

Salam,
MomodKorea
Zara
Hai MomodKoreaa~~
Huhuhu gak dari awal kok kak, ini aja nonton WIN gak kelar-kelar karena udah deket UN
Udah aku share di Facebook kok
Echa99
Annyeong... Minta like backnya ya chingu di EXO Me & My Idol - EXO dan Xiumin... Gomawo :)
Zara
Hai Echa~ Yup, otw ke post kamu nih. Makasih ya likenya
Echa99
:-)
훈한
Baca tulisan kk merinding deh~ sumpah. Makasih likenya di postingan aku:) Udah kulike yaaaaa. Good luck!

Congratulation! You win the 31 Lucky Point!

Zara
Uhuhuhu thank you for the cute comment
Makasih yaaa, good luck for you too!!!
chanis
ihh...kok keren banget tulisannya... dibanding tulisanku mah aku gk ada apa - apanya.... aku udah like ya chingu semangat... semoga menang ^^9
kalau gk keberatan baca like tulisan ku di exo me & my idol - exo, a part of miracles... :)
Zara
Makasih banyaaakkkkkkkkkk!!! Ugh you're such a cutiepie~
Jangan rendah diri gitu dong! Semangat juga ya buat kamuuu!!!
I'm gonna read it as soon as possible xoxo
Putri23
Zara
AINAAA MA BEYBEEEHHHH HUHUHU DIDN'T EXPECT TO SEE YA HERE
HUHUHUHU THX FOR THE QT COMMENT AND THX A LOOOOOOTTTTT FOR SUPPORTING ME FROM THE VERY START BCZ STARTED FROM THE BOTTOM NOW WE'RE HERE LMAO
LUV YOU TO THE CHANYEOL AND BACK XOXO
Yosefine
semangat ya chingu ^^
Zara
Huhuhuhu thanks a lot xoxoxoxo
Hanhan
they really make us proud
kak jangan lupa like back tulisan ku ya,,, di iKON perkenalan yg membuat jatuh cinta
Zara
YESSSS!!!
Sip! Makasih udah ngelike ya;)
atikasyahfitri9…
Like back di postingan IKON Me & My Idol - Cabe-cabean itu bernama Goo Junhoe ya. Gomawo~
Zara
On the way to your post, thanks for the like too
akita21
Annyeong.. Like back di postingan Big Bang Me & My Idol - Love at first sight with riri oppa dong. Thanks ^^

Congratulation! You win the 97 Lucky Point!

Zara
I'll likeback your post asap! Thanks for your like

Rank di iKON (50)
  • No Article.
  • November 2019
Category
Acara
  • No Article.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+