Hot Issue

Mau Nyaman di Gerbong KRL Khusus Wanita? Baca 6 tips ini!

ririn10 2 614

Assalamu'alaikum temen-temen semua...

 

Sebagai salah satu pengguna jasa angkutan KRL "Commuter Line", saya mau share beberapa tips yang mungkin bermanfaat buat temen-temen yang masih atau akan menggunakan angkutan ini, khususnya gerbong wanita. Karena saya termasuk pengguna setia KRL gerbong khusus wanita. Kalo di saat jam-jam sepi, bukan jam orang berangkat kantor atau pulang kantor, mungkin gerbong wanita ini akan terasa damai ya. Tapi kalo jam berangkat kantor dan jam pulang kantor??Hmmm..hahaha, gerbong khusus wanita ini bakal rame banget, bahkan ga jarang maju selangkah aja susah, udah kaya ngambang ..hahaha..

 

 

Dan seremnya..ga jarang juga orang menilai bahwa di gerbong khusus wanita, orangnya lebih buas-buas  . Padahal kan wanita terkenal dengan perasaanya yang halus yah..Nah lho..hahaha..

Dan inilah beberapa tips agar merasa nyaman menggunakan gerbong wanita yang saya dasarkan dari beberapa pengalaman saya selama menjadi pengguna KRL Commuter Gerbong khusus wanita di jam-jam ramai. Cekidot kaka!

 

1. Berdoa

 

 

Sebelum naik kereta jangan lupa berdoa dulu ya. Ini sebenernya hal yang sangat penting tapi sering sekali diabaikan.

 

2. Cari Posisi Wuenak dan berikan tempat duduk ke orang yang lebih membutuhkan

 

 

Kalo kamu masih muda, sehat, ga lagi hamil, ga bawa anak kecil dan juga bukan lansia, sebaiknya berikan tempat duduk ke orang yang lebih membutuhkan. Saya sempet miris ngeliat anak muda yang masih sehat tapi masalah tempat duduk aja harus koar2 segala di medsos -____- , kaya bocah banget, cuma masalah tempat duduk aja ribet .  Berilah tempat duduk ke orang yang lebih membutuhkan, selain dapet pahala sepanjang perjalanan, berdiri juga lebih sehat!

 

Gimana cara cari posisi yang wuenak? ada 2 cara untuk ini..

  • Cara pertama : Dari awal naik, meski kamu naik di stasiun-stasiun awal yang masih kosong penumpang. Sebaiknya kamu cari tempat berdiri yang enak. Kalo saya sendiri paling suka di perbatasan antara tempat masinis dan gerbong wanita. Karena disitu kita bisa nyender di dindingnya. Dan hanya akan didesak dari satu sisi, karena kan bagian belakangnya dinding..hahaha. Tapi masing-masing orang beda-beda ya. Silahkan kamu perkirakan kira-kira dimana tempat paling enak untuk berdiri. Nanti kalo ada yang ngerasa aneh, karena kamu berdiri padahal masih ada  tempat duduk yang kosong, ya kalemin aja.

 

  • Cara kedua : Kalo kamu naik di stasiun bagian awal yang biasanya masih kosong penumpang dan kamu masih bisa duduk, carilah tempat duduk yang deket pintu. Begitu ada orang yang lebih membutuhkan tempat duduk, kamu bisa kasih tempat duduk ini ke orang yang lebih membutuhkan. Dengan begini kamu bisa save 1 tempat duduk buat orang yang lebih membutuhkan (karena ga semua orang berbaik hati ngasih tempat duduk, jadi jadilah salah satu dari orang yang berbaik hati), selain itu kamu juga bisa duduk meski cuma sebentar..hahaha..Ga apa, inget berdiri itu sehat!

 

3. Gunakan Tas yang benar dengan posisi yang benar

 

 

Biasanya copet itu tau mana tas yang gampang dicopet mana yang engga. Usahakan gunakan tas yang tidak terlalu mudah dijangkau. Semakin banyak resleting, sekat, dan rumit biasanya akan semakin sulit, biasanya loh ya. Kalo saya sendiri biasanya lebih suka menggunakan ransel, karena saya merasa ransel lebih aman saat digunakan.  Dan harus diingat juga, posisi tas harus benar, taro dompet di tempat yang sulit terjangkau. Jika sekiranya membutuhkan uang untuk jajan, pisahkan uang tersebut dari dompet, taro di salah satu resleting yang mudah dijangkau begitu juga dengan kartu untuk naik KRL. Kalo Hp pada umumnya selalu digenggam di tangan ya. Hahaha..Kalo emang ditaro ditas, taruhlah di posisi yang benar. Dan jangan lupa perhatikan arah resleting tas. Kalo semua sudah kamu lakukan, selanjutnya pasrahkan kepada Yang Kuasa.

 

4. Control Diri dan Jangan mudah terpancing emosi

 

 

Jangan hanya pikirkan diri kita sendiri, kita harus ingat, orang lain pun sama, saat berangkat kerja, ingin cepat sampai kantor karena tidak ingin terlambat, dan saat jam pulang kerja biasanya merasa lelah dan ingin cepat sampai rumah. Jadi kendalikan emosi, jangan merasa paling cape sendiri. Kalo ada yang menyulut emosi, kalemin aja. Banyakin istigfar dalam hati. Ngeladenin orang yang lagi emosi ga akan ada abisnya, yang ada cape sendiri dan malah bertambah lelah.

 

5. Sabar dan Jadilah orang yang ramah

 

 

Memang butuh kesabaran ekstra saat kita ngerasa lelah dan ada dikondisi dimana kita harus saling berdesak-desakan. Tapi ya sabar aja, memang begitulah kondisinya kalo mau naik KRL . Dan saat kita memutuskan buat naik KRL ya harus siap dengan kondisi ini. Jadilah orang yang ramah dan mudah tersenyum. Biasanya nanti malah dapet temen nih kalo kita ramah dan bersikap baik. Lumayan kan perjalanan jadi ga kerasa panjang kalo dapet temen baru buat  ngobrol di KRL.

 

6. Persiapkan diri saat mau sampai Stasiun Tujuan

 

 

Saat sudah mau sampai ke stasiun tujuan, jangan lupa untuk persiapkan diri untuk mendekat ke arah pintu KRL. Pengalaman saya, biasanya saya selalu siap-siap merapat ke arah pintu 2 stasiun sebelum turun. Dengan kondisi gerbongnya dalam kondisi penuh lho yah. Misalnya saya mau turun di stasiun UI, saat di Stasiun Lenteng Agung, saya sudah mulai merapat ke arah pintu. Cara ini membuat kita ga grasak grusuk atau panik saat mau turun. Dan meminimalisir kesalahan turun stasiun tentunya.

 

 

Demikian yang bisa saya share, semoga bermanfaat ya. Alhamdulillah selama beberapa tahun naik KRL, saya selalu merasa nyaman berada di gerbong wanita. Meski kata orang gerbong wanita itu, orangnya lebih ganas-ganas. Hahaha.. Sekarang saya memang sudah mulai jarang naik KRL Commuter. Tapi kadang-kadang kangen juga naik KRL lagi..Kadang-kadang lho ya..hahaha

 

Jangan lupa selalu berdoa dan banyak introspeksi diri. Karena kelakuan orang macem-macem. Saat kita ga suka dengan kelakuin orang lain. Bertanyalah kepada diri sendiri, apakah kelakuan saya sudah lebih baik daripada dia? Saat satu telunjuk mengarah ke orang lain , maka 4 jari lainnya akan berbalik ke arah kita..

Author

Lv.5 ririn10  Bayi
9,290 (76.3%)

Anda belum memasukkan tandatangan


Comments

ade12
Nah ini nih, bisa jadi panduan kalo naik KRL
ririn10
selamat mencoba sista

Nomor Klasifikasi Subjek Penulis Tanggal Dilihat Suka
62 Dalam Negeri Aromaterapi ; Kawan Ataukah Lawan? AisyNabilla 7 hari yang lalu 64 0
61 Dalam Negeri Bahaya Shisha yang Harus Kamu Ketahui AisyNabilla 11.22 170 0
60 Dalam Negeri Penggunaan Masker Hidung yang Tepat Komentar1Post AisyNabilla 09.18 258 1
59 Luar Negeri Madu termahal di dunia ini, harganya bisa ratusan juta! ririn10 09.13 268 0
58 Dalam Negeri Situs Pengetahuan Umum Terupdate dan Terlengkap akupaham 08.30 277 0
57 Dalam Negeri AkuPaham: Ini Dia Manfaat Senyuman dan Tertawa akupaham 08.19 311 0
56 Dalam Negeri Dari tahun 1919 Berdiri, PT Nyonya Meneer Dinyatakan Pailit Komentar1Post yanti10 08.04 525 0
55 Dalam Negeri Clean Up Jakarta Day 2017 datang lagi! Nyok Daftar! Komentar2Post ricarici 08.03 590 0
54 Luar Negeri Wah Bandara Dubai Berikan Pengumuman Menggunakan Bahasa Jawa ade12 08.03 461 0
53 Dalam Negeri Wah SMAN 8 Jakarta dapat "Surat Cinta" dari ITB yan 07.27 450 0
52 Dalam Negeri Mantap Jiwa! Anak ini Bisa Niruin Berbagai Suara Burung yan 07.27 315 0
51 Dalam Negeri Ini Nih Layanan Email Pertama Milik Indonesia Irmah 07.26 346 0
bacaan Dalam Negeri Mau Nyaman di Gerbong KRL Khusus Wanita? Baca 6 tips ini! Komentar2Post ririn10 07.25 615 0
49 Luar Negeri 2 Iklan ini Sukses Bikin Penontonnya Nangis Bombay! rayaaa 07.18 252 0
48 Dalam Negeri Tahun 2018 Semua Angkot Wajib Pake AC mieta 07.14 485 0
47 Luar Negeri Cara menyebrang anak kecil di Jepang ini bikin kagum Komentar1Post nemo 07.13 244 0
46 Luar Negeri Wow! Jaket Hoddie Ini Tahan Api dan Awet Sampai 100 Tahun Irmah 07.07 275 0
45 Dalam Negeri NGERI! Detik-detik Tergulingnya Truk di Malang yang Jadi Viral Komentar2Post nemo 07.05 412 0
44 Dalam Negeri Keren! Mahasiswa Indonesia Bikin Alat Charging Dari Suhu Tubuh Manusia Irmah 07.04 441 0
43 Luar Negeri Bikin Salut! Pangeran ini ga mau tangannya dicium nemo 06.27 363 0
Rank di Hot Issue (23)
Kategori
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Statistik saat ini
Share ke Facebook Share ke Twitter Share ke Google+