Hot Issue

AkuPaham: Ini Dia Manfaat Senyuman dan Tertawa

akupaham 0 1,427

Keep smile! Adalah salah satu hal yang sering dikatakan ke orang lain atau ke diri sendiri terutama saat kondisi tubuh, pikiran dan hati sedang tidak baik. Ternyata, terdapat manfaat di balik senyuman dan tawa yang Anda lakukan sehari-hari. Terdapat beberapa penelitian yang meneliti mengenai manfaat tersenyum dan tertawa seperti yang AkuPaham rangkum berikut ini.

Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan Yale Scientific, saat Anda tersenyum akan membantu otak Anda untuk melepaskan neurotransmitter yang merupakan dopamin yang bisa memberikan efek bahagian yang berkepanjangan. Sehingga saat tersenyum, walaupun Anda dalam kondisi yang tidak bagus, akan membantu untuk menaikkan mood Anda sehingga suasana hati Anda akan menjadi lebih bahagia dibandingkan dengan sebelumnya.

Tersenyum juga bisa memberikan dampak positif pada kesehatan paru-paru, jantung, otot dan juga sistem kekebalan tubuh. Ketika sedang tersenyum tersebutlah tubuh akan menjadi lebih rileks dan bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah. Sedangkan tertawa sendiri, terbukti mampu untuk meningkatkan serotonin dan juga endorfin yang ada di otak sehingga bisa membantu mengurangi stress ataupun nyeri pada tubuh.

Tersenyum bisa memperpanjang umur. Lewat penelitian yang pernah dilakukan di tahun 2010 dan menggunakan objek 150 pemain Major League Baseball menunjukkan jika pemain yang tersenyum asli (tidak berpura-pura) dan berseri memiliki usia yang rata-rata lebih panjang jika dibandingkan dengan pemain yang memiliki setengah senyuman. Sedangkan bagi yang sudah berumah tangga, senyuman, menurut penelitian oleh DePauw University, mengemukakan jika orang yang tersenyum cenderung memiliki kehidupan dan hubungan rumah tangga yang lebih awet dibandingkan dengan yang tidak suka tersenyum.

Dengan tersenyum, tanpa Anda sadari, penampilan Anda menjadi lebih menarik. Pada umumnya, orang lain akan tertarik pada orang yang suka tersenyum ataupun tertawa. Hal tersebut disebabkan karena dengan tersenyum ataupun tertawa, bisa memberikan efek atau kesan yang positif ke orang yang ada di sekitarnya sehingga Anda akan memiliki aura yang berbeda yang akan membuat Anda memiliki daya tarik tersendiri.

Manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh dari tersenyum yaitu:

  • Mengurangi stress dan memperbaiki mood sehingga Anda menjadi lebih tenang, damai serta bahagia walaupun anda sedang menghadapi masalah.
  • Akan membuat Anda menjadi terlihat sukses karena dengan tersenyum menandakan bahwa Anda memiliki kepercayaan diri. Karena kepercayaan diri tersebut, peluang mendapatkan karir ataupun promosi yang lebih besar.
  • Memberikan aura positif yang tidak hanya bagus untuk diri sendiri namun juga orang lain. Dengan tersenyum, tanpa sadar Anda juga akan membuat orang lain tersenyum dan berfikir positif.
  • Membuat Anda menjadi lebih terlihat awet muda. Dengan tersenyum, otot yang digunakan untuk senyum ataupun tertawa dapat mengangkat wajah atau lebih rileks dan hal tersebutlah yang menyebabkan awet muda.

Dalam agama Islam, senyum yang juga merupakan ibadah ini bisa membantu untuk mengobati hati, jiwa dan pikiran, menghargai orang lain dan kebaikan serta membantu untuk menenangkan hati yang diselimuti oleh emosi yang sedang tidak stabil. Jadi, mulai saat ini, biasakan tersenyum karena bisa juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akan membuat Anda terhindar dari penyakit. Jangan lupa untuk mengunjungi AkuPaham agar Anda bisa temukan jawab atas segala rasa penasaran Anda karena disini, tidak hanya ada informasi seputar kesehatan, namun juga informasi umum, sains, berbagai inspirasi, informasi teknologi serta pendidikan yang terbaru!

Author

Lv.2 akupaham  Bayi
1,300 (20%)

AkuPaham.com


Comments

Rank di Hot Issue (23)
  • No Article.
  • November 2019
Category
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+