Hot Issue

Setelah Mengetahui 7 Manfaat Donor Darah, Dijamin Bisa Menghilangkan K…

AisyNabilla 0 86

Hmm coba kita lihat, siapa di antara kalian yang rajin mendonorkan darah? Meskipun tindakan ini terpandang mulia, namun masih banyak orang yang ragu mendonorkan darahnya. Sebab, kegiatan ini dipandang mengurangi pasokan darah diri sendiri. Tak hanya itu, donor darah juga ditakuti dapat menjadi sarana penularan virus penyebab penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Namun, di antara semua anggapan tersebut, sedikit yang menyadari efek kesehatan bagi pendonor darah. Penasaran apa saja manfaatnya?

 

Memperlancar aliran darah

Berdasarkan penelitian terbaru, mendonorokan darah secara berulang, dalam jangka waktu yang telah ditentukan, dapat membantu darah kamu mengalir lebih tenang dan teratur. Artinya, akan kecil kemungkinannya aliran tersebut merusak lapisan pembuluh darah, lho. Mendonorkan darah juga bisa meminimalisir terjadinya penyumbatan arteri. Baru tahu, bukan?

 

Meningkatkan produksi darah

Mendonorkan darah secara teratur dapat pula memicu produksi sel-sel darah baru lebih lancar. Hal ini akan membuat tubuh bekerja lebih efisien dan menjaga tubuh kamu tetap sehat.

 

Memperbarui sel-sel darah

Ketika kamu mendonorkan darah, tubuh akan menggantikan volume darah yang hilang setelah didonorkan, dalam waktu 48 jam. Artinya, sel-sel darah merah dalam tubuh akan diperbarui, dan dalam 4 hingga 8 minggu kebutuhan sel darah merah akan terpenuhi. Sel-sel baru ini akan membantu tubuh kamu tetap sehat dan semakin produktif.

 

Membakar kalori

Jarang lho yang tahu, manfaat donor darah bagi kesehatan secara rutin dapat membakar kalori sekaligus menurunkan berat badan. Menurut University of California, setiap seseorang menyumbangkan satu kantong (500 ml) darah, sama saja membakar habis sekitar 650 kalori yang ada di dalam tubuh.

Artinya, semakin sering kamu mendonorkan darah, semakin besar kemungkinan kamu bisa menurunkan berat badan. Tapi ingat ya, jangan jadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan, lho!

 

Check-up kesehatan gratis

Sebelum melakukan donor kesehatan, kondisi kesehatan kamu akan diperiksa secara lengkap. Mulai dari pengujian tes hepatitis, sifilis, hingga HIV, dan penyakit lainnya yang mungkin ditularkan melalui transfusi darah. Semua ini dilakukan secara cuma-cuma lho, jadi kamu juga bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh terkini, deh.

 

Mencegah Hemochromatosis

Bagi yang belum tahu, Hemochromatis merupakan suatu kondisi kesehatan yang mucul karena tubuh menyerap iron (zat besi) secara berlebihan. Kondisi ini biasanya diturunkan, atau disebabkan oleh kecanduan alkohol, anemia, dan masalah lainnya.

Nah, mendonorkan darah secara rutin ternyata dapat mengatasi kelebihan zat besi di dalam tubuh, lho. Dengan begitu, maka kamu secara langsung juga mencegah hemochromatosis. Tak hanya itu, keseimbangan zat besi juga digadang-gadang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung, lho! Hebat, bukan?

 

Menurunkan risiko kanker

Menurut The Miller-Keystone Blood Center, mendonorkan darah secara rutin mampu menurunkan risiko kamu terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker hati, paru, tenggorokan, dan usus besar. Kok bisa?

Usut punya usut, penumpukan zat besi di dalam darah juga disinyalir dapat meningkatkan kadar radikal bebas yang memicu kanker. Nah, karenanya mendonorkan darah berarti juga mengurangi penumpukan zat besi di dalam tubuh, sekaligus menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

 

Nah, itu dia 7 manfaat donor darah bagi kesehatan yang harus kamu ketahui dari sekarang. Jangan ragu untuk mendonorkan darah kamu, ya, kalau mau mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan yang telah disebutkan di atas! Selamat mendonor!

Author

Lv.5 AisyNabilla  Bayi
7,610 (20.3%)

Anda belum memasukkan tandatangan


Comments

Nomor Klasifikasi Subjek Penulis Tanggal Dilihat Suka
73 Dalam Negeri Setelah Membaca Ini, Yakin Kamu Masih Mau Memasang Tato di Tubuh? AisyNabilla 3 hari yang lalu 46 0
bacaan Dalam Negeri Setelah Mengetahui 7 Manfaat Donor Darah, Dijamin Bisa Menghilangkan Ketakutan Kamu, Deh! AisyNabilla 10 hari yang lalu 87 0
71 Dalam Negeri Ladies, Gunakan 9 Bahan Alami Ini Kalau Ingin Tampil Cantik dan Feminin dengan Rambut Panjang AisyNabilla 04.05 101 0
70 Dalam Negeri Cara Cepat Menjadi Sixpack dengan 7 Menu Diet Alami AisyNabilla 03.29 102 0
69 Dalam Negeri Cara Atasi Migrain Secara Alami AisyNabilla 03.22 128 0
68 Dalam Negeri Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk AisyNabilla 03.15 166 0
67 Dalam Negeri Bukan Hanya Segar Dimakan, Buah Ini Juga Bisa Digunakan Sebagai Masker, Lho! AisyNabilla 03.06 168 0
66 Dalam Negeri Kondisi Ini, Jadi Ciri Pil Kb Tidak Cocok AisyNabilla 02.15 180 0
65 Dalam Negeri Manfaat Jahe; Si Penghangat Banyak Manfaat AisyNabilla 01.09 274 0
64 Dalam Negeri Mengenal Penyakit Difteri yang Mewabah di Indonesia AisyNabilla 01.03 280 0
63 Dalam Negeri Buah untuk Melancarkan Pencernaan, Ini Daftarnya! AisyNabilla 12.28 273 0
62 Dalam Negeri Aromaterapi ; Kawan Ataukah Lawan? AisyNabilla 12.11 323 0
61 Dalam Negeri Bahaya Shisha yang Harus Kamu Ketahui AisyNabilla 11.22 437 0
60 Dalam Negeri Penggunaan Masker Hidung yang Tepat Komentar1Post AisyNabilla 09.18 512 1
59 Luar Negeri Madu termahal di dunia ini, harganya bisa ratusan juta! ririn10 09.13 453 0
58 Dalam Negeri Situs Pengetahuan Umum Terupdate dan Terlengkap akupaham 08.30 469 0
57 Dalam Negeri AkuPaham: Ini Dia Manfaat Senyuman dan Tertawa akupaham 08.19 500 0
56 Dalam Negeri Dari tahun 1919 Berdiri, PT Nyonya Meneer Dinyatakan Pailit Komentar1Post yanti10 08.04 821 0
55 Dalam Negeri Clean Up Jakarta Day 2017 datang lagi! Nyok Daftar! Komentar2Post ricarici 08.03 826 0
54 Luar Negeri Wah Bandara Dubai Berikan Pengumuman Menggunakan Bahasa Jawa ade12 08.03 701 0
Rank di Hot Issue (23)
Kategori
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Statistik saat ini
Share ke Facebook Share ke Twitter Share ke Google+