Kuliner

Ga punya Oven? Tenang, 10 Resep Kue ini dimasak pake Teflon

ricarici 4 9,049

Assalamu'alaikum emba..emba..mas..mas iyaa clubber..


Ga semua orang yang suka masak atau bikin kue punya oven dirumah. Padahal oven merupakan salah satu alat yang penting bagi seorang pembuat kue. Ga punya oven juga mungkin menjadi salah satu kendala bagi sebagian orang untuk bikin kue sendiri di rumah.

Nah kalo kamu salah satu orang yang ga punya oven ,tapi pengen bikin kue, kamu ga perlu khawatir. Karena kamu bisa coba buat 10 resep kue tanpa oven atau 10 resep ala teflon dibawah ini.

 

1. Bika Ambon Teflon


 
via cookpad by yNy


Bahan-bahan:

4 bh kuning telur

75 gr Tepung sagu

90 gr gula

1/4 sdt garam

Secukupnya vanilla oil


Bahan rebusan santan:

200 gr santan

1 lbr daun jeruk

1 lbr daun pandan

1/2 btg serai (12gr)


Bahan biang :

25 gr tepung terigu

50 gr air hangat

4 gr ragi

10 gr gula


Cara membuat :

  1.     Rebus bahan santan dengan api kecil,saring menjadi 150gr
  2.     Aduk bahan biang diamkan 7 menit lebih
  3.     Campur gula,garam,vanilla dan telur aduk dengan tangan atau wisk
  4.     Masukkan tepung sagu aduk rata
  5.     Tuangkan berturut bahan biang dan rebusan santan. Aduk rata diamkan 2~3jam
  6.     Panaskan teflon olesi minyak, tuangkan adonan
  7.     Bakar dalam api yg sangat-sangat kecil,setelah permukaan bergelembung tutup teflon
  8.     Jika sudah matang,balik sebentar untuk mendapatkan warna kecoklatan d permukaan(cuma beberapa detik saja , jika tidak nanti bisa gosong)

 

2. Brownies Teflon


 
via cookpad by Bela


Bahan-bahan:

4 sdm tepung terigu serbaguna

2 sdm coklat bubuk

2 sdm susu bubuk

1/2 sdt baking powder

100 gram dark cooking chocolate

3 sdm mentega / margarine / butter

4 sdm gula pasir

1 buah telur

Secukupnya meises / keju sebagai pelengkap


Cara membuat :

  1. Campur tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan
  2. Tim mentega / margarine / butter sampai meleleh kemudian dingin kan sebentar
  3. Kocok telur dan gula hingga berbuih
  4. Tambahkan point 2 dan 3 ke dalam point 1 aduk rata. Oles teflon dengan sedikit mentega masukkan dan ratakan, beri meises dan keju parut kemudian panggang dengan  api kecil kurang lebih 10 - 15 menit , jangan sampai gosong ( tutup teflon selama memanggang) .

 

3. Wingko Babat


 
via cookpad by Kue Luqmanyana

 

Bahan-bahan:

125 gr tepung ketan
150 gr kelapa parut
50 gr kelapa parut jadi santan 150 gr, pake air kelapa biar tmbh enak
67 gr gula
1/4 sdt garam


Cara membuat :

  1.     Campur semua bahan menjadi satu,remas remas sampai gula pasirnya mencair.
  2.     Gunakan cetakan kue lumpur yang teplon supaya tidak lengket.
  3.     Tunggu wingko sampai agak kering atau sampai bisa dibalik

 

4. Dorayaki Teflon


 
via cookpad by SantiDewi


Bahan-bahan:

4 butir telur + 2 kuning telur

260 gr terigu pro rendah

150 gr gula pasir

1 sachet madu rasa original

40 gr butter (lelehkan)

40 ml susu cair plain

Vanili ekstrak (klo gak ada bisa ganti yg bubuk 1/2 sdt saja)

1 sdt baking soda


Cara membuat :

  1. Kocok telur, gula, vanili dan madu sampai agak kental (kalau saya kurang lebih 2 menit) lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai habis, masukkan baking soda, masukkan susu cair setengahnya aduk rata, masukkan butter yg sudah dilelehkan, masukkan sisa susu aduk rata. Tutup wadah dengan plastik wraping lalu diamkan selama 10 menit. Adonan siap di cetak
  2. Tips: - Gunakan teflon yg masih mulus - Gunakan api kecil namun pastikan teflon sudah panas - tuang adonan dengan ukuran yg sama (saya pakai sendok sayur) - tuang adonan di tengah teflon, tutup dengan tutup kaca kalau bisa supaya kelihatan...kalau sudah keluar buih2 cukup banyak di sekilling adonan balik adonan (nah disini harus pakai feeling supaya warnanya bisa cantik dan gak gosong)
  3. Oles dorayaki dengan margarin supaya lebih lembut - jika sudah beres semua tinggal isi dengan isian sesuai selera (jangan isi pada saat dorayaki baru matang apalagi coklat bisa meleleh nanti coklatnya, tunggu suhu ruang) - lalu tangkupkan dorayaki satunya siap disantap

 

5. Kastengel Teflon


 
via cookpad by Intan Dewi


Bahan-bahan :

2 sdm margarin
1 butir kuning telur untuk adonan
1 butir kuning telur untuk olesan
1 bungkus fanili
1 sdm susu bubuk
1 sdm tepung maizena
4-5 sdm tepung terigu
Secukupnya keju parut


Cara membuat :

  1. Campur margarin & kuning telur hingga rata menggunakan garpu
  2. Tambahkan fanili, keju parut, susu bubuk, tepung maizena, tepung terigu. Uleni hingga rata & kalis. Kemudian cetak berbentuk persegi panjang, jangan terlalu tebal agar cepat matang ketika dipanggang menggunakan teflon. Olesi kuning telur & beri taburan keju parut diatasnya
  3. Panaskan teflon yang diatasnya diberi saringan kukusan yang telah diolesi margarin. Panggang adonan yg telah dicetak kurang lebih 30 menit atau sampai berubah warna hingga keemasan (warna matang),dengan api super kecil. Tutup menggunakan tutup panci ketika memanggang.

 

6. Proll Tape Keju Teflon


 
via cookpad by Vhie Luffi Hadi


Bahan-bahan :

350 gram Tape
4 sdm tepung terigu
5 sdm gula pasir
2 sdm margarin leleh
3 butir telur
1 bungkus santan kara
1 gelas belimbing susu cair putih
secukupnya keju parut


Cara membuat :

 

  1. Lelehkan margarin, sisihkan. Hancurkan tape hingga halus.
  2. Campurkan tepung terigu, tape, gula, telur, santan, susu cair, margarin dan keju parut secukupnya. Aduk hingga rata.
  3. Siapkan teflon, olesi dengan margarin. Tuang adonan, ratakan. Nyalakan api sangat kecil agar proll tape matang dengan sempurna. Tutup teflon, jika tidak ada tutupnya bs menggunakan alumunium ataupun tutup panci yg sesuai ukuran teflon.
  4. Panaskan selama 15 menit. Setelah matang, olesi bagian atas dengan margarin, taburi keju parut. Sajikan.

 

7. Pancake


 
via cookpad by husnul chatimah

 

Bahan-bahan :

250 ml susu cair
10 sdm tepung terigu
1 butir telur
1 sdm margarin cairkan
1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt Vanili
2 sdm gula pasir
1 sdt baking powder

Cara membuat :

  1. Buat buttermilk: campur susu dengan air jeruk nipis,diamkan 15 menit
  2. Kocok lepas telur dan gula. Masukkan buttermilk,aduk rata.
  3. Tambahkan tepung,baking powder dan vanili. Terakhir masukkan margarin. Saring adonan.
  4. Panaskan teflon,ambil satu sendok sayur adonan. Tuang kedalam teflon,masak sampai kecoklatan. Lakukan sampai adonan habis.

 

8. Bakpia Teflon


 
via cookpad by Nur Sabatiana


Bahan-bahan
    
250 gr terigu    
1 sdt ragi instan    
50 gr gula pasir halus   
1 sdt ragi instan    
125 ml air hangat    
40 gr mentega    
sejumput garam
    
Bahan isian (isian keju)

100 gr terigu
100 gr gula pasir halus
100 gr keju cheddar parut
50 ml mentega (orchid)
50 gr susu bubuk


Cara membuat Isian keju :

  1.     Sangrai terigu sampe ringan sekitaran 5-10 menit api kecil. Dinginkan
  2.     Campur terigu, keju, gula dan susu sampai rata.
  3.     Masukkan mentega dan aduk sampai bergerindil.


Cara membuat bakpia :

  1. Campur terigu, ragi dan gula. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diuleni setengah kalis. Masukkan mentega dan garam, uleni sampai kalis elastis.
  2. Tempatkan di mangkuk yg dioles tipis minyak, tutup plastik wrap/serbet lembab. Biarkan mengembang 2x lipat (1jam).
  3. Timbang sekitaran 30 gr. Pipihkan dan isi dgn 1 sdt isi keju.
  4. Bulatkan rapat dengan cara dicubit2.
  5. Panggang teflon dengan api kecil sambil dibolak balik. Masak sampai kedua sisi kecoklatan.
  6. Sajikan.

 


9. Pie Susu Teflon


 
via cookpad by egiarmadani


Bahan-bahan:

kulit :
15 sdm tepung terigu (150 gr)
7 sdm margarin (100 gr)
1 sdm susu bubuk putih
1 butir telor ayam
toping :
3 butir kuning telor
2 sdm tepung maizena
5 sachet skm putih (150 ml)
1 sdm susu bubuk putih (boleh skip)
100 ml air matang


Cara membuat :

  1. Campur semua adonan kulit, uleni sampai kalis (bs di bentuk)
  2. Larutkan 2 sdm tepung maizena, 1 sdm susu bubuk dengan air 100 ml, lalu campurkan dengan skm putih dan kuning telor. Aduk hingga rata. Lalu saring
  3. Ambil adonan kulit yg sudah jadi, oleskan cetakan pie dengan margarin, lalu bentuk adonan ke dalam cetakan. Atur ketebalan sesuai selera.
  4. Panaskan teflon dengan api yg sangat kecil. Tusuk2 adonan yg sudah di dalam cetakan menggunakan garpu, bertujuan agar tidak melembung pada saat di panggang.
  5. Tunggu sampai teflon sdh panas, lalu tusuk ulang sebentar adonan dlm cetakan dan tuang adonan toping ke dlm cetakan. Kemudian masukan ke dlm teflon lalu tutup dan panggang kurleb 35 menit atau sampai pinggiran kulit pie kering
  6. Jika sdh matang pie susunya, angkat dan keluarkan dari cetakan. Lalu sajikan

* Jika pakai cetakan pie bali yg tipis seperti pie bali asli, resep ini bisa jd 24 atau lebih pie susu. Kalo yang ini pakai cetakan pie buah, jd agak tebal dan topingnya penuh


10. Martabak Manis


 
via club iyaa tisutessa , Frisian Flag Indonesia


Bahan-bahan:

250 gr Tepung Serbaguna

1/2 sdt Baking powder

1/2 sdt Vanila Bubuk

1/4 sdt garam

2 butir telur ayam

Susu putih cair

Mentega secukupnya

Gula pasir secukupnya

Susu kental  manis secukupnya

Topping (Kurma, wafer, jagung keju, meses), untuk topping kamu bisa sesuaikan dengan seleramu


Cara Membuat :

1. Campurkan Tepung , Baking powder , Vanila Bubuk , dan garam di dalam satu wadah.

2. Setelah tercampur lalu ayak. Sisihkan

3. Diwadah terpisah, masukkan 2 butir telur dan susu cair, kocok hingga merata

4. Setelah terkocok hingga merata, campurkan dengan adonan tepung sebelumnya. Lalu kocok kembali hingga tercampur rata dan diamkan selama 30 menit

5. Lalu masak di atas teflon anti lengket selama 7-8  menit, dan taburi gula pasir.

6. Setelah itu angkat dan oleskan mentega diatas martabak, lalu bagi martabak ke dalam 4 bagian. Dan berikan toppingnya

7. Terakhir tuangkan susu kental manis diatasnya.

Author

Lv.9 ricarici  Bayi
23,006 (20.1%)

"Buanglah sampah pada tempatnya" jangan biarkan alam menangis, karena Alam pun berhak bahagia


Comments

ade12
Bermanfaat bgt ka infonya, menggoda kuenya, hehe
ricarici
Bikin di rumah sist..
Shafar
bikin oven sendiri gimana ya ? mungkin tau caranya ka
ricarici
mau ane masukkin oven ga gan?wkwkwk

Nomor Klasifikasi Subjek Penulis Tanggal Dilihat Suka
389 Tempat kuliner Acakadut, Tempat Makan Ala Pepper Lunch dengan Harga Lebih Merakyat Komentar1Post ricarici 18 jam yang lalu 19 0
388 Resep Kuliner Resep Cemilan Anak Kaya Gizi, Jagung Susu Keju (JASUKE) Komentar2Post yanti10 4 hari yang lalu 47 0
387 Resep Kuliner 10 Resep Ogura Cake Berbagai Rasa, Si Cake Super Lembut Kaya Kapas Komentar2Post ricarici 4 hari yang lalu 109 0
386 Resep Kuliner Yummie! Cara Mudah Buat Nasi Goreng Dengan Bentuk Pizza mieta 5 hari yang lalu 51 0
385 Resep Kuliner Resep Kekinian Olahan Telur Dadar, Rasanya beda dan Luar Biasa! Komentar2Post ricarici 7 hari yang lalu 96 1
384 Resep Kuliner 5 Resep Sup Populer di Asia Irmah 8 hari yang lalu 75 0
383 Resep Kuliner 5 Resep Kuliner Maknyus Berbahan Dasar Green Tea ade12 07.13 84 0
382 Resep Kuliner Cara Membuat Gul Jeon, Pancake Kerang ala Korea Irmah 07.11 98 0
381 Resep Kuliner Yummie! Resep Ekado dan Egg Roll ala Restoran Jepang Irmah 07.07 95 0
380 Resep Kuliner Cara Buat Roti Panggang Keju Hokkaido yang Bisa Ditarik Ulur Komentar1Post yummie 07.05 130 0
379 Resep Kuliner Cara Membuat Bungeoppang, Kue Ikan Khas Korea Komentar2Post Irmah 07.04 128 0
378 Review Mie Arirang Tasty Chicken, Mie Lokal yang Terinspirasi Korean Ramyun Komentar2Post ricarici 07.03 193 0
377 Resep Kuliner Cara Bikin Brownies Pop, Si Brownies yang mirip Permen yummie 06.30 156 0
376 Resep Kuliner Yuk Bikin Nugget Sehat, Nugget Vegetarian amaa 06.28 174 0
375 Review Mie Instant Arirang Extra Hot, Mie Super Pedes yang Bikin Ketagihan ricarici 06.28 517 0
374 Resep Kuliner Resep Kua Asang Rusuk yang juara banget rasanya lili 06.27 164 0
373 Resep Kuliner Cara Membuat Matcha Tiramisu yang Lezat ade12 06.23 172 0
372 Resep Kuliner Apel dibentuk Donat dan dibalut Coklat Ini Bikin Mupeng! Gini Resepnya! Komentar1Post rayaaa 06.21 189 0
371 Tips Tips Memasak Sayuran Tetap Sehat dan Lezat ade12 06.21 99 0
370 Resep Kuliner PRAKTIS! 4 Makanan Ini Dibuat Hanya Dengan 2 Bahan Utama yummie 06.21 186 0