Travelling

Beautiful Belitung

Michelle 6 3,869

halohalohai!

kemaren baru aja jalan-jalan dari Belitung nih! share disini seru kali ya hehe

 

mari kita mulai dengan mengenal Pulau Belitung terlebih dahulu. Pulau Belitung berada di pantai timur Pulau Sumatera, berada dalam provinsi kepulauan Bangka Belitung, kalau di peta yang terlihat lebih kecil dari kakaknya si Pulau Bangka. Dari Jakarta, Pulau Belitung dapat dicapai dengan 45 menit penerbangan yang tersedia hampir sepanjang hari setiap harinya.

Tiket Jakarta-Belitung cukup murah di kisaran ~500-600ribuan untuk kelas sriwijaya/lion air/air asia hingga ~800ribuan untuk kelas garuda indonesia/citilink, apalagi kalo pesen udah dari jauh-jauh hari, mungkin bisa dapet ~400ribuan.

 

 

Pulau Belitung memiliki sejarah panjang dan cukup unik. Dimulai sejak tahun 1812 dimana Kerajaan Inggris menemukan pulau ini sebelum akhirnya ditukar kepada Belanda. Pada zaman pendudukan Belanda, Belitung merupakan suatu pulau yang seluruhnya dijadikan tempat penggalian dan produksi timah. Nama perusahaan timah tersebut ialah Billiton, dari nama inilah pulau Belitong dinamakan. Warga Belitong sendiri sudah lama mengurangi aktivitas penggalian timah dan beralih pada kegiatan berkebun dan perdagangan.

 

Kesan pertama ketika gue menginjakkan kaki di pulau ini adalah...

 

 

hijau! sejak landing pesawat, perjalanan menuju hotel, dan sepanjang trip disini jajaran pepohonan nggak ada abisnya! gue gak sempat fotoin landscape Pulau Belitong dari pesawat, tapi dari atas Pulau Belitong terlihat sangat hijau dan di beberapa petak memiliki barisan pohon rapih yang luas, yang belakangan gue ketahui adalah kebun sawit. Cuaca di Belitong sendiri ngga jauh-jauh dari cuaca tropis tapi cukup nyaman lah gak terlalu panas dan cukup adem, mengingat gue trip kesini waktu musim kemarau dimana udah nyaris sebulan gak turun hujan.

 

hari pertama dan kedua gue habiskan untuk menjajal wisata dalam kota dulu. Buat yang suka baca buku pasti tau Novel serial Laskar Pelangi dong! nah Andrea Hirata, sang penulis novel tersebut, merupakan kelahiran asli pulau Belitung. Andrea Hirata mendirikan sebuah Museum Kata di Kota Gantung, Belitung Timur. Pas main kesana gue melihat banyak karya-karya sastra yang menjadi sumber inspirasi si Andrea Hirata. Museumnya sendiri juga didesain sederhana aja, biar kesan tradisionalnya ngga hilang kali ya. Di belakang rumah Museum Sastra terdapat duplikat sekolah yang menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi.

 

selain Museum Kata, gue sempat keliling ke banyak vihara di daerah Belitung Timur. Salah satunya adalah vihara Dewi Kwan Im yang terbesar dan paling terkenal di Belitung Timur. Vihara Dewi Kwan Im ini besar bangeeettt dan didominasi warna merah dan pink. Untuk yang tidak beribadah boleh masuk sampai pelataran asal nggak ganggu yg doa aja... (foto-foto dikit boleh lah, tp jangan rusuh ya eheheh)

 

abis puas jalan-jalan dikota akhirnya pada hari keempat pun gue menjajal pantai-pantai yang menjadi kebanggaan pulau Belitung. Mulai dari pantai terdekat yaitu Pantai Serdang yang berada paling dekat dari kota Manggar.

 

Pantai serdang ini sendiri ngga terlalu 'bagus', dalam artian pasirnya nggak terlalu putih, airnya juga cenderung coklat bukan biru. Angin di pantai serdang juga kencang dan jarang ada yang mau wisata berenang di pantai ini karena banyaknya karang-karang kecil yang ngumpet di air. jadinya gue cuma foto-foto sama jalan-jalan di padang di sekitar.

di sekitar pantai Serdang ada banyak lapangan berumput yang kayak tundra gini, dan uniknya di sela-sela tanah masih terdapat pasir pantai yang putih dan super halus.lumayan kalo buat maen bola sama anak sekampung dah! heheheheh

 

esoknya gue pun menjelajahi pantai-pantai di Belitung Utara yang terkenal jauh lebih cantik dan menjadi tempat shooting film Laskar Pelangi. Tujuan utama semua turis yang jalan-jalan ke pulau Belitung pastinya adalah pantai Tanjung Tinggi dengan formasi batu karangnya yang luarbiasa besar segede rumah!

gue cuma sempat rendem-rendem kaki sambil liatin dedek-dedek main air sebentar karena rencananya hari itu akan gue habiskan untuk main ke pulau-pulau sekitar yang katanya super-duper-bener-bener-gila-dah-pokoknya cantik!

 

dengan menempuh perjalanan sekitar 30menit menggunakan mobil, gue tiba di pantai Batu Banyak. Dari pantai Batu Banyak gue dan rombongan akan menyebrang menggunakan perahu mesin sewaan. Pulau tujuan gue dan rombongan adalah Pulau Lengkuas yang terkenal dengan mercusuar sejak jaman Belanda yang masih berdiri tegak sampai sekarang. selama perjalanan gue rasanya gamau ngedip! laut Belitung bener-bener bersih dan jernih. Buat lo yang suka snorkeling gausah nyemplung, ngintip aja dari pinggir kapal.

 

 

 

di Pulau Lengkuas sendiri pantainya berpasir putih dan super halus, jadi kalo jalan nyeker di pantainya bakal terasa kayak digelitikin saking halusnya. Bapak yang bawa kapal juga baik banget, sepanjang perjalanan dari Pantai Batu Banyak sampai Pulau Lengkuas ada banyak snorkeling spot, jadi dia mau sabar berenti sedikit-sedikit di tengah laut sambil nungguin yang snorkeling puas.

Pusat atraksi Pulau Lengkuas memang hanya Mercusuar (yang lupa gue poto maap wkwkwkwk) aja, sisanya cuma pantai sama hutan yang menutupi pulau kecil itu. Jadi gue cuma main-main sebentar sambil menunggu yang lain selesai makan siang lalu pulang. Kenapa pulangnya cepet banget? karena angin lagi kenceng broh! meskipun lagi musim kemarau tapi angin di laut kencang dan semakin sore kita pulang semakin bahaya. 


 

sesudah main seharian di pantai gue pun pulang dan kembali ke kenyataan heheheheh intinya untuk main ke Pulau Belitung menurut gue worthy banget lah. Dengan jarak yang relatif dekat dan budget yang termasuk menengah bahkan murah kamu bisa liburan ke pantai yang masih virgin dan masih punya vibe private kayak pantai-pantai yang masuknya kudu bayar heheheh

kalo lo orang indo, minimal sekali dalam seumur hidup harus cobain liburan ke Pulau Belitung!

Author

Lv.2 Michelle  Bayi
1,175 (11.7%)

You have no registered signature.


Comments

scyth_lnx
wah pengen kesana deh rasanya, kangen pantai
ricarici
Waah mauu kesanaaa
bambibamboo
bagus bangeet
Gian
jauuhh, takut nyasar
juanop
waaahhh bagus2 bangeeettt
RASTI
Saya tertarik dgn Foto Anda yang berupa Pantai Tanjung Tinggi karena itulah yg buat Belitung UNIK & MENARIK karena Selain Air Laut dgn Pasirnya juga Terdapat BATU GRANIT yg Tinggi Besar ! Awesome...!!

Rank di Travelling (48)
  • No Article.
  • November 2019
Category
Acara
  • No Article.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+