Travelling

Mengenal Uniknya 10 Tradisi Saat Ramadhan di Indonesia

Zaee 0 2,131

Assalamualaikum iyaa clubber

 

Ngga terasa ya bulan Ramadahan sudah hampir memasuki minggu ke-2. Suasana di bulan puasa memang selalu dirindukan ya guys, ada banyak momen yang ngga akan kita jumpai di bulan lain. Apalagi di Indonesia dengan mayoritas muslim, banyak tradisi menarik yang dilakukan di berbagai daerah. Kali ini, ane mau ajak kalian mengenal tradisi saat Ramadhan di berbagai daerah di Indonesia. Sebenarnya tradisi ini lebih banyak dilakukan beberapa hari sebelum bulan Ramadhan. Telat dong ya ane postingnya, hehhee.. Ga apa-apa lah ya, ga ada kata telat kan untuk mengenali beragam budaya di tanah air tercinta 

 

Tradisi Munggahan - Sunda

 

Foto: nusantaranews.co

 

Masyarakat sunda biasanya menyambut bulan Ramadhan dengan tradisi munggahan. Mereka berkumpul dan makan bersama di lantai dengan makanan yang beralaskan daun pisang. Tradisi semacam ini juga banyak dilakukan di berbagai daerah lainnya dengan nama yang berbeda. Di Jawa tradisi ini dikenal dengan nama sadranan sedangkan warga Bogor mengenalnya dengan tradisi Cucurak. 

 

 

Tradisi Pacu Jalur - Riau

 

Foto: riautrust.com

 

Tradisi pacu jalur merupakan tradisi lomba dayung yang dilakukan oleh masyarakat Kuantan Singigi, Riau. Lokasi yang dijadikan sebagai arena pacu jalur adalah Sungai Kuantan. Nah sebagai penutup tradisi pacu jalur ada yang namanya tradisi balimau. Masyarakat akan mandi di sungai dengan menggunakan jeruk nipis limau sebagai pengganti sabun dan kasai untuk membersihkan rambut.

 

 

Tradisi Malamang - Sumatera Barat

 

Foto: jakartavenue.com

 

Di daerah Sumatera Barat, warga menyambut bulan puasa dengan membuat lemang bersama-sama yang dikenal dengan tradisi malamang. Lemang adalah masakan khas Minang yang terbuat dari beras, ketan, santan dan pisang kemudian dimasukkan pada ruas-ruas bambu yang telah dipotong. Tradisi ini biasanya dilakukan dua hari sebelum bulan ramadhan.

 

 

Tradisi Dugderan - Semarang

 

Foto: beritajateng.net

 

Kalo kamu berkunjung ke Semarang terus melihat ada pesta rakyat dengan arak-arakan, itu adaah tradisi dugderan. Nama dugderan berasal dari bunyi tabuhan beduk masjid yang terdengar seperti 'dug' dan 'der' yang dilakukan untuk menandai awalnya bulan puasa. Selain pesta rakyat, digelar juga pasar malam yang menjual beraneka ragam jenis produk lokal. Tradisi dugderan berlangsung seminggu sebelum puasa dan berakhir sehari setelah bulan puasa selesai.

 

 

Tradisi Padusan - Jawa Tengah

 

Foto: jatengmerdeka.com

 

Ngga hanya masyarakat Riau, Jawa Tengah juga punya tradisi mandi yaitu padusan yang dilakukan sebagai simbol membersihkan diri sebelum bulan puasa. Padusan berasal dari kata adus yang artinya mandi. Mulanya prosesi ini mengharuskan warga mandi dengan menggunakan air dari tujuh sumber. Namun saat ini bisa dilakukan di sumber air manapun misalnya air terjun Grojogan Sewu yang ada di Tawangmangu atau obyek mata air Cokro yang jadi favorit warga Klaten.

 

 

Tradisi Tolak Bala - Padang Pariaman

 

Foto: metrotvnews.com

 

Tradisi ini dilakukan oleh seluruh masyarakat Nagai Sungai Sariak, laki-laki maupun perempuan dari anak kecil hingga dewasa. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam tradisi tolak bala. Sebelum dilakukan ritual keagamaan, masyarakat akan menyembelih seekor kambing dan darahnya disiramkan ke jalan raya. Sedangkan dagingnya diberikan kepada para tokoh agama setelah acara pengajian atau zikir bersama. Kemudian dilakukan zikir bersama yang diikuti oleh seluruh warga. Setelah selesai, mereka bersama-sama akan melakukan pawai obor mengelilingi rumah warga sambil berzikir guna menolak bala dan cobaan menjelang bulan Ramadhan.

 

 

Tradisi Grebeg Apem-Jombang

 

Foto: berdemokrasi.com

 

Grebeg apem atau yang dikenal dengan festival gunungan merupakan tradisi menyambut bulan puasa yang digelar masyarakat Jombang. Kue apem merupakan makanan tradisional khas Jombang tang terbuat dari beras, tape singkong, gula dan ragi. Ribuan kue apem yang ditata di gunungan disiapkan untuk menjadi rebutan masyarakat yang hadir.

 

 

Meugang-Aceh

 

Foto: wego.co.id

 

Menjelang bulan suci Ramadhan dan lebaran Idul fitri warga Aceh melakukan tradisi meugang. Tradisi ini merupakan acara penyelembihan hewan ternak. Semua masyarakat Aceh harus mendapatkan daging sapi sebagai menu utama yang akan dihidangkan sebagai jamuan keluarga.

 

 

Tradisi Megibung - Bali

 

Foto: metrobali.com

 

Megibung adalah tradisi makan bersama dalam satu wadah, hampir mirip dengan tradisi munggahan yang dilakukan oleh masyarakat Sunda. Tradisi ini digelar oleh masyarakat Bali dan Lombok Barat. Tidak hanya dilakukan oleh umat beragama Hindu, muslim di Bali juga melakukan tradisi ini setiap memasuki hari ke-10 di bulan Ramadhan.Megibung berasal dari kata 'gibung' yang berarti kegiatan dilakukan banyak orang untuk saling berbagi yaitu duduk bersama sembari berdiskusi. Penyajiannya bisa menggunakan nampan bambu berbentuk bulat dengan alas daun pisang atau daun pisang yang langsung ditata memanjang.

 

 

Tradisi Meriam Karbit - Pontianak

 

Foto: liburmulu.com

 

Datangnya bulan puasa oleh warga Pontianak dimeriahkan dengan tradisi meriam karbit. Tradisi ini rutin dilakukan dengan menyalam meriam karbit di Sungai Kapuas. Sebelum ada alat pengeras suara, warga Pontianak menggunakan meriam karbit saat magrib tiba.

 

Sumber: www.idntimes.com

Author

Lv.7 Zaee  Bayi
14,667 (29.2%)

You have no registered signature.


Comments

Number Classification Subject Author Date Views Like
83 Domestik Destinasi Liburan sesuai Kebutuhan Anda AisyNabilla 02.28 1226 0
82 Domestik Obat-obatan yang Harus Dipersiapkan saat Traveling AisyNabilla 01.05 1372 0
81 Domestik Serunya Bermain Bersama Hewan di Fauna Land Ancol ricarici 08.31 3281 0
80 Domestik Wah Ada Promo Merdeka Gratis Naik KA Lokal / Komuter! ririn10 08.14 2424 0
79 Domestik Berburu Tanaman dan Hewan Lucu di Flona 2017 Zaee 08.04 2789 1
78 Domestik Mengintip Megahnya Stasiun Bekasi Timur rinsodeterjen 07.27 3354 0
77 Domestik Panorama 7 Pantai di Jogja Ini Kece Abis! ade12 07.20 2963 0
76 Domestik Dateng Yuk Ke Dieng Culture Festival dan Jazz Atas Awan 2017! ade12 07.12 1991 0
75 Domestik Ada KAI Travel Fair Akhir Juli 2017, Diskonnya Up to 72%! Comment1Post ricarici 07.06 4792 0
74 Domestik Keren! Pemandangan 5 Bukit Di Jogja Ini Seperti Negeri di Atas Awan Comment2Post ade12 07.05 2784 0
73 Domestik Uniknya Transportasi ala Pemudik ke Kampung Halaman ade12 06.21 2067 0
72 Domestik Wow! Pemandangan Tol Salatiga Ini Keren Banget ade12 06.14 2644 0
Reading Domestik Mengenal Uniknya 10 Tradisi Saat Ramadhan di Indonesia Zaee 06.07 2132 0
70 Domestik Tips Mudah Beli Tiket Kereta Api di Stasiun mnurdin95 05.31 1993 0
69 Domestik Jelajah Keindahan Pulau Lombok, Pulau Dengan Seribu Masjid Zaee 05.31 3354 0
68 Domestik Nieuw Batavia, Napak Tilas Hari Kebangkitan Nasional Comment1Post Zaee 05.19 2177 0
67 Domestik Keunikan Kampung Pelangi di Semarang Jadi Sorotan Dunia Zaee 05.17 4307 0
66 Domestik Jurang Tembelan, Spot Selfie Ala Titanic Di Jogja Comment1Post Irmah 05.15 5183 0
65 Domestik KEREN Banget ! Air Terjun di Watumotobe ini Mirip Selimut Comment2Post tri77 05.12 3614 0
64 Domestik Mekanisme Tiket Kereta Api Murah yang Harus Tepat Sasaran Comment1Post mnurdin95 05.05 1991 0
Rank di Travelling (48)
  • No Article.
  • November 2019
Category
Acara
  • No Article.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+