MAGMA Indonesia, Aplikasi Deteksi Status Gunung Api yang Mendunia

ade12 2 3,357

 

Sebagai negara yang memiliki tiga lempeng tektonik serta 127 gunung api aktif, Indonesia rentan akan ancaman bencana geologi seperti gempa bumi, tsunami dan gunung meletus. Namun tingginya potensi bencana tidak sebanding dengan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang bencana geologi. Berawal dari kegelisahan tersebut, sejak tahun 2015 Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Geologi Kementrian ESDM menciptakan sebuah aplikasi untuk mendeteksi status gunung api bernama MAGMA Indonesia.

 

MAGMA Indonesia (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment in Indonesia adalah aplikasi multiplatform (web dan mobile) dalam jaringan berisikan informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi terintegrasi (gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah) yang disajikan secara kuasi-realtime dan interaktif. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan secara mandiri oleh PNS Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencaba Geologi (PVMBG) dengan menggunakan teknologi berbasis open-source. MAGMA Indonesia dapat digunakan secara internal oleh pegawai sebagai analisis data dan pelaporan maupun eksternal oleh masyarakat sebagai sumber informasi dan rekomendasi.

 

Prinsip utama MAGMA Indonesia yaitu mengubah data menjadi informasi dan rekomendasi yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Nantinya diharapkan aplikasi ini dapat diaskses oleh masyarakat dengan mudah melalui satu jendela (single-window).  Pelayanan publik yang disajikan MAGMA Indonesia PVMBG saat ini terdiri dari:

Gunung api 

- Informasi data pengamatan visual dan instrumental, tingkat aktivitas (status), dan rekomendasi gunungapi (Volcanic Activity Report/VAR),

- Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunungapi

- Informasi abu vulkanik gunungapi untuk keselamatan penerbangan (Volcano Observatory Notice for Aviation/VONA).

 

Gempabumi dan Tsunami

- Informasi kejadian dan tanggapan gempabumi beserta analisis dan rekomendasinya

- Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gempabumi.

 

Gerakan Tanah

Informasi kejadian dan tanggapan gempabumi beserta analisis dan rekomendasinya

- Peta Potensi maupun Zona Kerentanan Gerakan Tanah.

 

Press Release

Informasi periodik mengenai kejadian spesifik maupun kegiatan koordinasi, sosialisasi, dan mitigasi bencana geologi lainnya.

 

Lapor Bencana

Media pelaporan kejadian bencana geologi bagi masyarakat, pemda, maupun lainnya di sekitar wilayah bencana (Society Reporting System/SRS)

 

 

Walaupun aplikasi ini dibangun secara mandiri tapi antusiasme publik terbilang cukup tinggi, tidak hanya dalam negeri tapi juga luar negeri mengapresiasi MAGMA Indonesia. Pada tahun ini, MAGMA Indonesia masuk dalam daftar top 99 pelayanan publik terbaik di Indonesia dan mendapat dua pernghargaan  pada KESDM Innovation Awards (KIA), yaitu Peringkat Terbaik pada Kategori 3 dan Top 10 KIA 2016. Sementara itu, dalam pertemuan City of Volcanoes Conference sejumlah lembaga dari berbagai negara menyatakan ketertarikannya dan meminta agar aplikasi ini bisa diterapkan di seluruh dunia. Bahkan Kepala Disaster Volcano Assistance Program USGS Amerika, John Pallister menyatakan MAGMA Indonesia merupakan aplikasi nomor satu kelas dunia yang sangat penting dan sedikit organisasi dunia yang memilikinya.

 

Tak hanya membantu masyarakat Indonesia sebagai sumber informasi kebencanan geologi, MAGMA Indonesia juga membantu VVAC Darwin dalam keselamatan penerbangan di wilayah Asia Tenggara dan Australia. MAGMA Indonesia memberikan peringatan dini (Early Warning) secara rutin dalam bentuk VONA (Volvano Observatory Notice for Aviation)

 

 

MAGMA Indoensia sudah dapat diakses melalui aplikasi web www.magma.vsi.esdm.go.id atau melalui aplikasi smartphone www.play.google.com

 

Sumber: www.magma.vsi.esdm.go.id, www.goodnewsfromindonesia.id

Author

Lv.8 ade12  Bayi
21,540 (89.8%)

You have no registered signature.


Comments

rayaaa
aku udah kunjungin webnya..kerenn yaa sist..
ade12
keren bangeeet sis

Rank di Teknologi (34)
  • No Article.
  • November 2019
Category
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+