Mengenal Lebih Dekat Hardware Komputer dan Fungsinya

ricarici 0 1,586

Assalamu'alaikum emba..emba..mas..mas Iyaa Clubber..

 

Di zaman teknologi kaya sekarang ini, tentunya kebanyakan orang udah familiar sama yang namanya Komputer. Dan akan lebih baik kalo selain bisa mengoperasikan komputer, kita juga tau apa aja si komponen-komponen yang ada di dalam komputer yang kita gunakan. Dan semakin banyak tau, biasanya kita juga semakin paham bagaimana menjaga dan merawat komputer dengan baik.

 

Perangkat komputer sendiri terbagi menjadi 2, ada perangkat lunak (Software) dan ada Perangkat keras (Hardware). Dan yang kali ini akan ane bahas adalah hardware atau perangkat keras..

 

 

1. Motherboard (Main Board)

Kalo dilihat dari namanya, sebenarnya udah kebaca ya gan kalo motherboard atau main board ini adalah papan rangkaian inti.  Main Board berfungsi sebagai central rangkaian komputer yang berpadu menjadi sebuah system yang bekerja saling mendukung.

Motherboard terdiri dari berbagai macam komponen elektronik yang biasanya udah terpasang secara permanen, selain itu juga banyak slot – slot yang menempel di sana.

Di dalam Motherboard terpasang hampir semua komponen atau perangkat keras penting dari komputer contohnya Processor, Ram, VGA Card, Sound Card,  dan komponen lainnya. Motherboard didesain sedemikian rupa sehingga kita bisa melakukan ekspansi terhadap kinerja komputer seperti upgrade ram, VGA card, Processor dan yang lainnya.

 

2. Processor (CPU atau Central Processing Unit)

Mau tau otak dari sebuah komputer?nah otaknya ya processor ini, dimana ia memiliki fungsi untuk melakukan processing data dan perintah. Nah salah satu hardware yang terpasang di Motherboard ya processor. Komponen processor sebenarnya adalah sebuah IC (Integrated Circuit), yaitu sebuah silicon berbentuk persegi dengan ukuran yang cukup kecil dan didalamnya terdapat banyak sekali transistor dan komponen elektrik lainnya.

 

3. Memory
Memory adalah sebuah perangkat yang digunakan sebagai ruang penyimpanan sementara dalam chip komputer. Ukuran memory ditentukan dalam Kilobit (Kb) atau Megabit (Mb) dan juga Gigabit (Gb). Memory terbagi menjadi dua jenis yaitu Main Memori dan Backing storage
  • Main Memory
Komponen memory ini berfungsi sebagai pengingat baik berupa data ataupun program. Apa aja fungsi dari  main memory?
  • Menyimpan data dari input device sampai pemprosesan data oleh di cpu
  • Menyimpan data hasil proses dari cpu sebelum dikeluarkan
  • Menampung atau menyimpan sementara program masukan

 

Main Memori terbagi menjadi dua jenis.

  • RAM (Random Access Memory)

RAM adalah memory yang bisa kita akses untuk diambil isinya serta dapat diisi kembali. Data yang ada di dalam RAM hanya bersifat sementara dan akan hilang ketika listrik off. Dalam RAM ada 4 macam komponen : input storage, Program storage, working storage dan output storage.

  • ROM (Read Only Memory)
     
    ROM dikenal dengan istilah BIOS (Basic Input And Output System). ROM tidak seperti RAM yang bisa diambil dan diisi kembali.  ROM hanya bisa dibaca dan bersifat permanen, tidak akan hilang meskipun listrik off.

 

  • Backing Storage
Komponen ini disebut juga dengan istilah system penyimpanan cadangan.  Fungsinya adalah sebagai alat penyimpanan non-aktif. Semua jenis informasi non aktif tersimpan di sini. Jenis penyimpanan backing storage dibedakan oleh serial access contohnya adalah Hard Disk, Floppy Disk, dan juga CD/DVD Room.
 

 4. Power Supply (Catu Daya)

Power Supply atau Catu Daya berfungsi sebagai pemasok listrik ke dalam rangkaian. Input yang masuk ke dalam catu daya adalah tegangan listrik AC langsung dari PLN dan kemudian diubah menjadi tegangan DC yang kemudian digunakan untuk pengoperasian berbagai komponen komputer lainnya.

 

5. Monitor

Monitor ini terdiri dari bebrapa jenis dan juga ukuran. Diantara jenis monitor komputer yang terkenal saat ini yaitu mulai dari jenis CRT atau monitor tabung, dan juga sekarang generasi LCD dan LED.

 

6. Hard Disk

Hard Disk adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai alat penyimpanan. Terbuat dari lempengan yang dilapisi dengan material khusus sehingga dapat dimagneti di kedua sisinya. Alat ini berfungsi untuk menyimpan data dalam kapasitas tertentu. Ukuran Hard Disk bermacam – macam. Dari puluhan Gb hingga ratusan Gn bahkan sekarang sudah sampai di Tb (Terabit).

 

7. VGA Card

Video Graphic Array (VGA)  memiliki peranan penting yang menentukan kualitas gambar pada layar monitor. VGA adalah penghubung dari rangkaian central menuju ke monitor. Kebanyakan VGA udah kepasang langsung secara permanen di Motherboard. Untuk Game 3D diperlukan sebuah VGA Card dengan resolusi tertentu agar hasil gambarnya sempurna.

 

8. Sound Card

Sound Card juga komponen yang telah terpasang permanen di Motherboard. Soud Card bertanggung jawab atas keluarnya suara atau audio dari komputer. Untuk kualitas suara yang super, kamu bisa menggunakan sound card tambahan dengan bit/rate yang cukup tinggi. Komponen ini biasanya digunakan untuk jenis komputer recording atau mixing audio.

 

9. Keyboard dan Mouse

Nah kalo yang ini udah sangat familiar dong ya gan. Dua komponen ini termasuk ke dalam category input device. Fungsi Keyboard adalah untuk memasukan perintah berupa tulisan dan angka serta perintah shortcut lainnya. Sedangkan mouse mempermudah kita dalm melakukan akses dan memberi perintah terhadap komputer.

 

10. Chasing dan Fan

Chasing berfunsi untuk membungkus atau sebagai pelindung komponen – komponen komputer yang bersifat elektronik. Chasing biasnya dilengkapi dengan fan atau kipas yang berfunsi untuk pendingin. Komponen komputer akan menjadi panas apabila telah mulai bekerja, sehingga dibutuhkan sebuah alat pendingin untuk menstabilkan suhunya.

 

Nah gan komponen-komponen diatas adalah komponen utama yang bertindak sebagai komponen utama agar sebuah komputer dapat beroperasi. Semoga bisa bermanfaat ya gan..

 

 

 

Sumber : http://www.sinaukomputer.net

Author

Lv.9 ricarici  Bayi
22,065 (1.3%)

"Buanglah sampah pada tempatnya" jangan biarkan alam menangis, karena Alam pun berhak bahagia


Comments

Nomor Klasifikasi Subjek Penulis Tanggal Dilihat Suka
78 Kafe Sering Internetan? Yuk Kenali Istilah-istilah Umum dalam Jaringan! ririn10 09.18 1209 0
77 Kafe Pembangunan dan Layanan Publik Bermasalah? Aduin di LAPOR! ricarici 09.05 1121 0
76 Kafe Animator vs Animation (HD) karya Alan Becker tri77 09.05 1068 0
bacaan Kafe Mengenal Lebih Dekat Hardware Komputer dan Fungsinya ricarici 08.31 1587 0
74 Tips&Trick Cara Membuat Batch File Basic ricarici 08.30 897 0
73 Kafe Bermain dengan Command Prompt ririn10 08.25 1018 0
72 Kafe Pemblokiran akses Telegram udah dicabut? tri77 08.10 996 0
71 Kafe Habibie Festival 2017 Kembali Digelar Agustus Ini! Komentar2Post ade12 08.03 1029 0
70 Kafe Wah dikunjungi Durov, Kemenkominfo bakal cabut pemblokiran Telegram ririn10 08.02 1093 0
69 Tips&Trick Cara Menutup Paksa Aplikasi Yang Sulit Ditutup/Close Pada PC Komentar1Post Nurlia 08.02 1393 0
68 Tips&Trick Cara Setting Bios Untuk Proses Instalasi Windows Komentar5Post Nurlia 08.02 1177 0
67 Tips&Trick Cara Mudah Menyembunyikan Folder di Windows 7 dan 10 ricarici 07.26 901 0
66 Kafe The Volata, Sepeda Canggih Dengan Beragam Teknologi Komentar2Post Irmah 07.21 1249 0
65 Kafe Ajib!! Softlens ini bisa Merekam Video dan Menjepret Gambar! Komentar1Post tri77 07.20 1123 0
64 Kafe Unik! Pembangkit Tenaga Surya Berbentuk Panda ade12 07.17 1214 0
63 Kafe Skybridge, Kereta Gantung yang Bakal Jadi Transportasi Umum di Bandung ade12 07.11 1189 0
62 Kafe eTree, Pohon Bertenaga Surya yang Bisa Charge Baterai Handphone ade12 07.04 1223 0
61 Software Antrian Paspor, Aplikasi antrian secara online pembuatan paspor Komentar1Post tri77 06.29 2307 0
60 Kafe Bikesphere, Sepeda Canggih yang Dilengkapi Sensor Anti Kecelakaan Komentar2Post ade12 06.16 1382 0
59 Tips&Trick Cara Mengetahui Tanggal Posting Artikel di Blog atau Website Komentar2Post ririn10 06.15 17553 0
Rank di Teknologi (34)
  • Tidak Ada Artikel.
  • January 2019
Kategori
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
  • Tidak Ada Artikel.
Statistik saat ini
Share ke Facebook Share ke Twitter Share ke Google+