Hoax Analyzer, Aplikasi Anti-Hoax Karya Anak Bangsa

Zaee 1 1,715

 

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih, banyak berita yang belum diketahui kebenarannya alias hoax dengan cepat tersebar di internet. Melihat fenomena yang semakin meresahkan ini, muncullah ide dari para mahasiswa ITB untuk menciptakan sebuah aplikasi anti-hoax bernama Hoax Analyzer.

 

Hoax Analyzer berhasil mengantarkan Tim CIMOL yang terdiri dari 3 mahasiswa muda ITB menjadi jawara dalam event Microsoft Imagine Cup 2017 di Manila. Sebelumnya tim CIMOL berhasil lolos dalam seleksi ketat yang diikuti oleh 521 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya tim ini terbang ke Manila mewakili Indonesia dan dapat mengalahkan 9 peserta lain yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan.

 

 

Aplikasi hoax analyzer menggunakan teknologi NLP dan Machine Learning untuk  memproses teks input dan mengklasifikasi berita fakta dan hoax yang tersebar di internet. Sistem aplikasi ini akan menguji kebenaran suatu informasi di internet dengan menarik informasi menggunakan kata kunci serupa dari situs-situs yang dianggap kredibel seperti Snopes.com, sebuah situs pemeriksa fakta asal Amerika Serikat. Setelah proses pengecekan berita selesai, aplikasi ini akan mengeluarkan skor yang menentukan kadar kebenaran informasi yang diuji. 

 

Tim CIMOL yang terdiri dari Adi, Feryandi Nurdiantoro dan Tifani Warnita akan berangkat Juli nanti ke Seattle, AS untuk mengikuti World Final Microsoft Imagine Cup 2017 dan akan bersaing dengan perwakilan negara di seluruh dunia. Jika berhasil memenangkan kompetisi ini, akan ada hadiah utama uang tunai sebesar serta Rp 1,3 miliar, layanan Microsoft Azure senilai Rp 1,6 miliar dan berkesempatan mendapatkan bimbingan dari CEO Microosft Satya Nadella. Wah, keren yaa guys! Kita doakan saja semoga tim kebanggaan Indonesia ini berhasil menjadi juara.

 

Sumber: www.cnnindonesia.com, www.brilio.net

Author

Lv.7 Zaee  Bayi
14,667 (29.2%)

You have no registered signature.


Comments

ricarici
Keren nih, moga2 jadi juara ..Aamiin

Rank di Teknologi (34)
  • No Article.
  • November 2019
Category
Acara
  • Tidak Ada Artikel.
Recent Statistic
Share to Facebook Share to Twitter Share to Google+